Asyik Thailand Sambut Wisatawan 1 Oktober Mendatang, Ini Persyaratannya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 14:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 406 2267746 asyik-thailand-sambut-wisatawan-1-oktober-mendatang-ini-persyaratannya-di34Fhg1xg.jpg Wisata di Thailand (Foto: Meta/Okezone)

Pemerintah Thailand telah sepakat untuk membuka kembali pintu pariwisata secara bertahap pada 1 Oktober mendatang. Kendati demikian, ada sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi oleh para wisatawan asing, selain mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Mengutip laman Time Out, Rabu (26/8/2020), salah satu syarat yang harus dipenuhi wisatawan adalah mengurus surat izin menetap dengan durasi yang panjang. Misalnya visa kerja, izin menetap, atau mengunjungi keluarga di negara tersebut.

Dalam arti lain, saat ini wisatawan asing yang hendak berkunjung ke Thailand tidak akan diterima bila hanya memiliki visa rekreasi atau berdurasi singkat. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Chattan Kunjara Na Ayudhya, selaku Wakil Gubernur di Otoritas Pariwisata Thailand.

 Pattaya

“Hingga saat ini, saya tidak melihat sinyal dari pemerintah bahwa negara kami akan buka untuk wisatawan asing tahun ini,” katanya dalam sebuah webinar.

Namun, Chattan menambahkan, pemerintah Thailand sebetulnya telah menyiapkan beberapa strategi agar wisatawan asing masih bisa tetap melancong di negara mereka. Seperti membuka kembali kawasan wisata Phuket mulai 1 Oktober mendatang sekaligus menjalankan program bertajuk ‘Safe and Sealed’.

Kebijakan itu telah disetujui oleh Menteri Pariwisata Thailand, Phiphat Ratchakitprakarn. Dalam keterangannya, Phiphat mengatakan, pihaknya telah memberikan izin bagi wisatawan asing untuk berkunjung ke Phuket, karena kawasan wisata ini akan dijadikan model percontohan bagi objek-objek wisata lainnya.

Namun, pada tahap awal pembukaan, wisatawan diminta untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari di resort pantai yang telah ditunjuk. Wisatawan juga diwajibkan untuk mengikuti tes PCR di awal dan akhir masa karantina. Setelah itu, wisatawan bebas melakukan perjalanan ke seluruh wilayah Phuket.

Baca juga: Viral, Perempuan Ini Ubah Kucingnya Jadi Pikachu

Bila wisatawan ingin meninggalkan Phuket, maka mereka harus melakukan masa karantina selama tujuh hari lagi dan mengikuti tes Covid-19.

Yuthasak Supasorn, Gunernur Otoritas Pariwisata Thailand, sebelumnya mengatakan kepada CNN bahwa Thailand akan kembali membuka pariwisata negara dan mengizinkan pelancong dari negara lain jika situsasi sudah benar-benar membaik.

Selama ini, sektor pariwisata Thailand mendukung 20 persen dari total PDB yang mereka dapat setiap tahun. Selain itu, lebih dari empat juta orang juga bekerja dan menggantungkan hidupnya pada sektor ini.

Namun, dalam jajak pendapat Bangkok Post baru-baru ini disebutkan 95 persen responden percaya orang asing harus dilarang memasuki negara itu untuk menjaga kesehatan masyarakat.

Jadi jika Anda sedang mencari rekomendasi tempat untuk menikmati suasana pulau tropis dalam waktu dekat, Sebaiknya, Anda menghindari Thailand dan mencari alternatif tempat lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini