Traveling dari Rumah, Museum Sumpah Pemuda Adakan Pameran Sejarah Virtual

Anabel Lerric, Jurnalis · Rabu 26 Agustus 2020 16:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 26 406 2267832 traveling-dari-rumah-museum-sumpah-pemuda-adakan-pameran-sejarah-virtual-S8vMQIATcc.jpg Museum Sumpah Pemuda. (Foto: Instagram/@museumsumpahpemuda)

MUSEUM Sumpah Pemuda mengadakan pameran sejarah virtual untuk traveler. Anda akan dikenalkan surat kabar pertama yang menerbitkan lirik dan partitur lagu Indonesia Raya Karya W.R. Supratman.

Kepala Museum Sumpah Pemuda Titik Umi Kurniawati menjelaskan, pameran ini memperkenalkan Surat Kabar Sin Po, surat kabar pertama yang menerbitkan lirik dan partitur lagu Indonesia Raya Karya W.R. Supratman pada 10 November 1928. Nah, surat kabar ini juga menjadi koleksi pamer terbaru dari museum yang berlokasi di kawasan Senen, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Liburan ke Labuan Bajo, Asyiknya Salmafina Sunan Berjemur Pakai Bikini

sinpo

"Kami mengarahkan dengan segala kreativitas yang kita padukan menjadi satu," ucap Titik lewat keterangan resminya.

Dijelaskan lebih lanjut, lirik dan partitur lagu Indonesia Raya itu terdapat pada relief ruang pamer tetap Kongres Pemuda Kedua, yang dilaksanakan di Aula Museum Sumpah Pemuda. Pameran dihelat pada 25 Agustus 2020 hingga 7 September 2020 pekan depan.

Bila penasaran, traveler bisa melihat pameran virtual ini lewat media sosial musuem, seperti YouTube, Instagram dan Twitter. Di sela pameran juga ada talkshow tentang Pemuda, Karya, dan Nasionalisme oleh Sejarawan Dr. Bondan Kanumoyoso, serta hiburan yang dibawakan oleh sederet musisi dan penari kebanggaan Tanah Air.

museum

Untuk meramaikan pameran, Titik Umi juga mengatakan bahwa anak milenial bisa ikut berkontribusi. Karena anak muda harus menghargai perjuangan pahlawan 1945 dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

"Museum harus bisa memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat, supaya bisa menghargai pahalawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Inilah saatnya Kita harus berkreasi" tambah dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini