Share

Nikmatnya Nasi Pecel Sambal Tumpang khas Nganjuk, Nagih Deh

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 28 Agustus 2020 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 28 301 2269046 nikmatnya-nasi-pecel-sambal-tumpang-khas-nganjuk-nagih-deh-RZwa0Pl5MG.jpg Nasi pecel khas Nganjuk. (Foto: Dimas/Okezone)

SEDANG liburan di Bali? Tapi bosan makan Nasi Pedas Bu Andika? Tidak usah bingung, Anda bisa mencicipi nasi pecel dan sambal tumpang khas Nganjuk, Jawa Timur di warung makan Sego Pecel & Tumpang Yuk Sri di Kota Denpasar.

Sesuai dengan namanya, olahan nasi pecel memang menjadi menu andalan di warung makan ini. Cita rasa yang disuguhkan pun terbilang unik, bahkan mungkin belum pernah Anda cicipi sebelumnya.

Keistimewaan nasi pecel Yuk Sri terletak pada bahan dasarnya yang sangat beragam. Kepada Okezone, sang pemilik warung menjelaskan bahwa dirinya menggunakan 10 jenis sayuran untuk membuat olahan pecel yang lezat.

Baca Juga: Liburan ke Labuan Bajo, Asyiknya Salmafina Sunan Berjemur Pakai Bikini

oecel

"Ciri khas pecel Nganjuk itu diolah dengan aneka sayuran segar. Bahkan jumlahnya bisa lebih dari 10 jenis sayuran. Mulai dari bayam, kenikir, daun pepaya, daun singkong, lamtoro, mentimun, kemangi, bunga turi, tauge, sampai kacang panjang. Pokoknya tergantung lagi musimnya," ujar Sri saat ditemui Okezone di tempat.

Lebih lanjut Sri menjelaskan, seluruh sayuran itu proses pengolahannya pun berbeda-beda. Untuk mentimun, daun kemangi, dan lamtoro sengaja disajikan mentah agar aroma dan cita rasanya lebih menyeruak ketika berpadu di mulut.

Sementara untuk sayuran lainnya, memang harus melalui proses perebusan terlebih dahulu. Namun, durasinya tidak terlalu lama agar tekstur sayur masih tetap terasa renyah.

Nasi pecel khas Nganjuk ini juga disajikan dengan dua pilihan bumbu yang berbeda yakni, saus kacang dan sambal tumpang. Bagi yang belum familier, tumpang merupakan sejenis sambal yang diolah dengan bahan dasar tempe fermentasi.

"Sambal tumpang itu dibuat dari tempe yang sudah difermentasi, kemudian dicampur dengan tempe yang masih segar, cabai, daun salam, daun jeruk, lalu dikasih santan," tambahnya.

Kombinasi bahan-bahan tersebut, kata Sri, menghasilkan sensasi rasa gurih dan pedas yang nikmat. Apalagi bila disantap dengan makanan pelengkap seperti peyek kacang, ebi, atau teri yang juga menjadi ciri khas nasi pecel asli Nganjuk.

"Kalau suka bisa ditambahkan empal daging, sate ampela, dan telur dadar crispy. Ketiganya cocok banget disantap bersama nasi pecel," kata Sri.

Nah, untuk menikmati seporsi nasi pecel dan sambal tumpang di warung makan ini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp9 ribu (tanpa lauk) sampai Rp20 ribu (dengan tambahan empal daging).

Pilihan minumannya pun cukup beragam. Mulai dari es teh manis, es jeruk, bahkan ada jamu juga lho, Okezoners! Selain itu ada menu makanan lainnya seperti nasi rawon, nasi rame, dan banyak lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini