Melihat Sirine Bersejarah dan Deretan Gunung di Puncak Gedung Sate

Hantoro, Jurnalis · Minggu 30 Agustus 2020 15:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 30 406 2269803 melihat-sirine-bersejarah-dan-deretan-gunung-di-puncak-gedung-sate-w3fWRWC8cC.JPG Gedung Sate, salah satu ikon Kota Bandung, Jawa Barat (Foto: Okezone.com/Hantoro)

SEMUA orang tentu sudah familiar dengan Gedung Sate di Jalan Diponegoro Nomor 22, Kota Bandung, Jawa Barat. Ini merupakan bangunan bersejarah hasil karya Pemerintah Hindia Belanda pada 1920. Kini Gedung Sate menjadi Kantor Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Ketika memasuki Gedung Sate, pengunjung akan disambut bangunan kuno dengan nuansa cat putih. Lantai gedung ini menggunakan batu marmer yang terlihat cukup lawas.

Material kayu banyak digunakan di bangunan dengan ornamen khas tusuk sate di bagian pucuknya ini. Jendela-jendela, meja, tiang penopang, hingga tangga menuju lantai atas masih terbuat dari kayu.

Gedung Sate terdiri dari tiga lantai. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memiliki ruang kerja di lantai 2. Sedangkan Wagub Uu Ruzhanul Ulum menempati lantai 3.

Ketika berada di Gedung Sate, banyak pengunjung memiliki target sampai di puncak atau bagian paling atasnya. Namun, harus mengeluarkan tenaga lebih untuk mencapainya.

Puncak Gedung Sate

Dari lantai tiga hingga bagian paling atas harus melewati tangga kayu. Ukurannya minimalis dan cukup curam, jadi mesti hati-hati.

Baca juga: Ini Strategi Jawa Barat Bangkitkan Pariwisata di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

Ketika sudah sampai bagian atas ada balkon yang menghamparkan pemandangan indah. Di bagian timur terlihat jelas Gunung Manglayang, di utara ada Gunung Tangkuban Parahu, lalu di selatan ada Gunung Ciremai.

Kemudian ada ruangan berkaca di lantai paling atas. Ruang ini berisi sirine Gedung Sate. Benda tersebut peninggalan masa lalu yang kondisinya masih baik.

Gedung Sate

Sirine Gedung Sate masih bisa berbunyi. Sirine ini dibunyikan ketika hari-hari besar, seperti peringatan kemerdekaan 17 Agustus.

Jadi ketika mengunjungi Gedung Sate, berusahalah mencapai puncaknya. Selain ada monumen "enam tusuk sate", ada juga sirine dan pemandangan indah alamiah dari gunung-gunung di Jawa Barat.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini