Serunya Main Paralayang di Bukit Kebeb Dieng

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 406 2270116 serunya-main-paralayang-di-bukit-kebeb-dieng-HRMR3s43Si.jpg Ilustrasi paralayang (stutterstock)

DATARAN tinggi Dieng memang terkenal dengan bentang alamnya yang sangat memesona. Namun ada daya tarik lain yang sangsat menarik minat wisatawan.

Terutama bagi para pencinta olahraga ekstrem. Tahukah Anda? Dieng juga punya spot paralayang yang tidak kalah menantang dengan daerah lain di Indonesia. Tempat itu dikenal dengan nama Bukit Kebeb.

 Baca juga: Melihat Cibuntu, Kampung Wisata Alam Penuh Sejarah di Kaki Gunung Ciremai

Bukit Kebeb terletak di Desa Lengkong, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Sebelum populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara, lokasi ini sejatinya sudah biasa dijadikan sebagai tempat kejuaraan nasional paralayang yang diselenggarakan pemerintah setempat.

Nah, belum lama ini, Tim Geopark Indonesia besutan iNews TV berkesempatan menjajal langsung sensasi menaiki paralayang di Bukit Kebeb. Acara tersebut dipandu langsung oleh host cantik Stefanny Eveline.

"Selain menyajikan panorama alam yang luar biasa. Dieng juga menyajikan wisata minat khusus yaitu paralayang. Nah hari ini nih, saya udah janjian sama mas wahyu, pilot yang akan tandem saya untuk keliling liat keindahan dieng dari atas," kata Stefanny.

Namun sebelum lepas landas, Stefanny diminta untuk mengenakan pakaian pelindung dan mengecek kembali alat-alat khusus yang digunakan untuk paralayang.

Bukan tanpa alasan. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, paralayang termasuk dalam kategori olahraga ekstrem, sehingga segala aspek harus diperhatikan demi keselamatan diri.

 

Contohnya memerhatikan cuaca sekitar. Bila area Bukit Kebeb dipenuhi oleh kabut tebal, biasanya kegiatan paralayang harus ditunda terlebih dahulu. Setelah kabut menghilang, wisatawan baru diperbolehkan untuk terbang.

"Sensasi terbang di udara ternyata benar-benar menyenangkan. Ketegangan yang saya rasakan perlahan sirna setelah melihat pemandangan dataran tinggi Dieng yang luar biasa indah," kata Stefanny.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini