Pemulihan Destinasi Wisata Andalkan Wisatawan Lokal

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 01 September 2020 09:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 01 406 2270621 pemulihan-destinasi-wisata-andalkan-wisatawan-lokal-ECQVwtI0On.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SELAMA pandemi Covid-19, potensi kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) sangat diandalkan untuk pemulihan sektor pariwisata. Karena itu, perlu strategi baru untuk menarik perhatian wisatawan, agar segera berlibur menjelajahi Nusantara.

Direktur Pemasaran Pariwisata Regional III Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Imam Santosa mengatakan, wisnus perlu diberikan treatment khusus saat berlibur. Dari mulai penawaran rute penerbangan hingga penerapan protokol kesehatan di setiap destinasi wisata.

Baca Juga: Wisata Tanjung Gunung Siap Jadi KEK Andalan Bangka Belitung

pesawat

"Misal adanya direct flight, lalu memberikan penawaran khusus seperti hot deals. Yang tidak boleh ditinggalkan juga adalah selalu ada yang namanya penerapan clean, healthy, and safety protocol di destinasi wisata," ujar Imam lewat keterangan resminya. 

Penerapan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, and Environmental Sustainability) yang ketat, akan diterapkan di hotel dan restoran. Cara ini dinilai dapat meningkatkan kepercayaan kembali wisatawan yang ingin berkunjung ke sebuah destinasi wisata.

CHSE juga dipercaya bisa menciptakan kembali kepercayaan wisatawan. Sehingga, di masa new normal wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia sudah mulai melancong.

Bukan sekadar hot deals wisata, tambah Imam teknologi juga diandalkan pemulihan perekonomian di sektor wisata. Teknologi yang dimaksud seperti interactive maps, guide, dan kemudahan metode pembayaran dengan nontunai.

"Tujuannya agar wisatawan nantinya akan konsisten menerapkan protokol kesehatan, yaitu meminimalkan adanya kontak langsung," terang dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini