Share

Semua Jalur Pendakian Gunung Prau Kembali Dibuka

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 21:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 406 2272312 semua-jalur-pendakian-gunung-prau-kembali-dibuka-ZGLNSYvS3R.jpg Ilustrasi. (Foto: Cadventura)

KABAR baik untuk para pencinta gunung Indonesia. Besok, Jumat 4 September 2020, seluruh pendakian Gunung Prau di Wonosobo, Jawa Tengah, resmi dibuka untuk umum. Mengutip surat edaran yang dibaikan oleh akun Instagram @prau_montain, pembukaan kembali Gunung Prau telah disepakati oleh para pemangku keputusan, serta diverifikasi langsung oleh Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan Kejajar.

“Berdasarkan hasil rapat forum koordinasi gunung prau Indonesia (FKPI) menyepakati bahwa rangka uji coba Tahap ke-3 semua jalur pendakian gunung resmi dibuka untuk umum pada tanggal 4 september 2020,” tulis pernyataan di surat edaran tersebut.

Baca Juga: Liburan ke Labuan Bajo, Asyiknya Salmafina Sunan Berjemur Pakai Bikini

 prau

Kendati demikian, seluruh pengunjung yang hendak mendaki Gunung Prau, tetap harus menjalankan protokol kesehatan yang telah dikeluarkan oleh pemerinta. Mulai dari mengenakan masker, membawa sabun cici tangan atau hand sanitizer, serta senantiasa menjaga jarak sosial dengan pendaki lain.

Di samping itu, ada beberapa syarat tambahan yang harus dipenuhi oleh pengunjung. Yakni, wajib membawa fotocopy KTP atau identitas lainnya, wajib membawa perlengkapai pendakian sesuai SOP, tenda harus diisi 50 persen dari kapasitas, serta wajib membawa surat keterangan sehat dan hasil rapid test dengan status non-reaktif.

Bagi pengunjung yang belum atau tidak memiliki hasil rapid test, pihak pengelola telah menunjuk sejumlah klinik dan rumah sakit yang bisa disambangi.

1. Klinik Pratama. Di Jl. Kyai Hasimassari, Wonosobo.

2. RSUD, Jl Rumah Sakit No1. Stasiun Wonosobo.

3. RSI Wonosobo. Jl Jenderal S. Parman, No. Km3 Perum Purnamandala.

4. PKU Wonosobo, Jl Kretek Wonosobo, KM 4 No.1.

5. Puskesmas Kejajar 1. Jl. Dieng No.32 Gataksari, Serang, Kejajar, Wonosobo.

Perlu diketahui pula bahwa kuota pendakian di masa new normal ini dikurangi 50 persen dari kapasitas normal. Selain itu, peraturan lama yang dikeluarkan oleh pengelola Gunung Prau juga masih berlaku.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini