Lubang Raksasa Misterius Ditemukan di Daerah Terpencil Arktik

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 03 September 2020 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 03 408 2272182 lubang-raksasa-misterius-ditemukan-di-daerah-terpencil-arktik-kR7rUUReZN.jpg Lubang misterius. (Foto: Odditycentral)

LUBANG raksasa yang menganga seperti corong ditemukan di daerah terpencil Arktik, di semenanjung Yamal, Siberia. Masih belum diketahui apa fungsi utama luma raksasa itu, tapi diperkirakan lubang itu memiliki kedalaman sejauh 50 meter.

Lubang raksasa ini ditemukan secara tidak sengaja dari pantauan udara oleh kru televisi Vesti Yamal dalam perjalanan untuk bertugas. Kabarnya kawah misterius tersebut adalah yang terbaru di Siberia Utara sejak fenomena tersebut didokumentasikan pada 2014.

Baca Juga: 7 Museum Pop-Up Instagramable nan Menggemaskan

lubang

Dilansir Okezone dari Oddity Central, Kamis (3/9/2020), bongkahan tanah dan es terlempar ratusan meter di sekitar corong lubang. Fenomena ini memperkuat teori para ilmuwan bahwa kawah tersebut adalah hasil dari penumpukan gas metana di kantong permafrost yang mencair di bawah permukaan bumi.

Saat tekanan meningkat, penutup kantong akan terlepas dan gas metana dilepaskan.

“Benda ini unik. Ini membawa banyak informasi ilmiah tambahan yang belum siap saya ungkapkan. Ini adalah topik publikasi ilmiah. Kami harus menganalisis semua ini dan membangun model tiga dimensi,” terang Prof. Vasily Bogoyavlensky dari Institut Penelitian Minyak dan Gas Rusia.

Bogoyavlensky menambahan bahwa secara harfiah lubang tersebut adalah ruang hampa yang diisi dengan gas bertekanan tinggi. Sementara lapisan penutup membesar dengan kira-kira 5-10 meter.

Profesor Rusia ini sebelumnya mengklaim bahwa aktibitas manusia seperti pengeboran gas dapat menjadi faktor pembentukan kawah tersebut. Ia juga mengungkapkan keprihatinannya tentang risiko pembentukan struktur seperti itu di dekat jaringan pipa gas, fasilitas produksi atau kawasan pemukiman.

“Kami mengetahui tujuh kawah di daerah kutub utara. Lima berada tepat di semenanjung Yamal, satu di distrik Otonomi Yamal dan satu di utara wilayah Krasnoyarsk, dekat semenanjung Taimyr. Kami memiliki lokasi yang tepat hanya empat dari mereka. Tapi saya yakin ada lebih banyak kawah di Yamal, kita hanya perlu mencarinya,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini