Share

Mau Weekend Gateway? Ini 5 Tips Packing Liburan Anti-Ribet

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 05 September 2020 08:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 04 549 2272814 mau-weekend-gateway-ini-5-tips-packing-liburan-anti-ribet-db136ThmJJ.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MENGATUR barang bawaan untuk liburan seringkali memakan waktu dan menguras tenaga. Anda juga harus berpikir keras, barang apa saja yang harus dibawa dan apa saja yang harus ditinggalkan.

Tidak perlu khawatir, Okezone telah merangkum 5 tips aman dan praktis mengemas barang bawaan sehingga Anda bisa menikmati momen liburan yang asyik dan menyenangkan. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari SkyScanner, Sabtu (5/9/2020).

Buat daftar

Sebelum memasukkan barang-barang ke dalam koper, ada baiknya Anda menulis beberapa keperluan yang sekiranya akan digunakan selama liburan.

Bisa dimulai dari seberapa banyak baju dan celana yang akan Anda bawa, obat-obatan, pakaian dalam, atau mungkin sweater dan pakaian hangat lainnya disesuaikan dengan cuaca di negara tujuan. Cara ini sangat ampun untuk menghindari Anda dari kelebihan bagasi.

Baca juga: Pengalaman Travel Blogger Hadapi Delay 12 Jam, Malah Dapat Rp2,6 Juta

Gulung baju

Untuk menghemat tempat, sebelum memasukkan baju ke dalam koper, sebaiknya gulung terlebih dahulu baju atau celana Anda hingga menyerupai kue bolu. Lalu ikat dengan karet agar tidak kusut saat dikeluarkan. Setelah itu, atur baju dengan posisi memanjang untuk menghempat tempat. Mudah bukan?

Gunakan zip bag atau kantung khusus

Agar barang tidak bercampur aduk, keluarkanlah sedikit uang untuk membeli beberapa kantung khusus atau zip bag. Pisahkanlah barang-barang elektronik seperti kabel handphone pada satu kantung saja.

Yang juga tidak boleh dilupakan saat liburan adalah, siapkan pula kantung lain untuk menyimpan segala macam benda yang berkaitan dengan kamera, atau benda-benda lainnya seperti kunci rumah, obat-obatan, dan lain-lain.

Hindari membawa buku terlalu banyak

Selain mendengarkan musik, membaca buku adalah kegiatan favorit para wisatawan untuk menghilangkan rasa bosan.

Namun mengingat Anda sedanf melakukan perjalanan yang panjang, sebaiknya hindari membawa buku yang terlalu banyak karena dapat menambah berat koper Anda. Untuk mengakalinya, download lah e-book dari penulis favorit Anda sebelum berangkat liburan.

Simpan barang berharga dengan baik

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pencurian atau perampokan, ada baiknya Anda menyimpan benda berharga secara hati-hati.

Bila khawatir koper Anda akan dibobol oleh oknum tak bertanggung jawab, maka simpanlah perhiasan atau uang cash di dalam botol lotion yang telah dikosongkan. Cara ini sangat ampuh untuk mengelabui perhatian para pencuri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini