Share

Kunjungan Wisatawan ke Bali Terus Meningkat, Sehari Tembus 3.000 Orang

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 05 September 2020 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 05 406 2272997 kunjungan-wisatawan-ke-bali-terus-meningkat-sehari-tembus-3-000-orang-r4BukG3eFI.jpg Pantai Kuta di Kabupaten Badung, Bali (Okezone.com/Salman Mardira)

SEMPAT istirahat sejak Covid-19 mewabah, pariwisata Bali kembali bergeliat. Tingkat kunjungan wisatawan terus meningkat menyusul masuknya era adaptasi kebiasaan baru atau new normal. Ini jadi angin segar bagi warga Bali yang mayoritas menggantungkan hidupnya pada sektor pariwisata.

Menurut Plt Kepala Dinas Pariwisata Daerah Badung, Tjokorda Raka Darmawan, sejak pembukaan kembali pariwisata Bali pada 31 Juli 2020, tercatat ada peningkatan signifikan kunjungan wisatawan.

Baca juga: 5 Pantai Bali yang Jarang Dijamah Turis

Pariwisata di Indonesia saat ini baru dibuka untuk wisatawan domestik, sedangkan untuk turis mancanegara belum diizinkan masuk.

"Kami menghitungnya per 1 Agustus. Jadi dari 1-31 Agustus itu kunjungan orang yg datang melalui Bandara Ngurah Rai itu berkisar antara 2.500 sampai 3.000 orang per hari," ujarnya dalam webinar bertajuk 'Kampanye Indonesia Care Vol.3', Jumat 4 September 2020.

Pertumbuhan ini, kata Tjokorda, tentu masih jauh bila dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019, sebelum virus corona mewabah. Kala itu, kunjungan wisatawan domestik yang datang dari Bandara Ngurah Rai bisa mencapai 13-15 ribu orang per hari.

Artinya turun hingga 81 persen dari total kunjungan tahun ini. Kendati demikian, Tjokorda tetap optimis bahwa pariwisata Bali dapat segera bangkit seperti sedia kala, meski memerlukan proses yang cukup panjang.

Pemerintah Kabupaten Badung telah mengeluarkan kebijakan sertifikasi bagi objek wisata yang hendak beroperasi kembali di masa new normal.

 

Dari sekian banyak objek wisata di daerah tersebut, Tjokorda mengatakan baru 11 daya tarik atau objek wisata yang benar-benar siap dibuka untuk umum.

"Yang sudah siap dibuka itu yang sudah diverifikasi. Dan bagi yang sudah lulus verifikasi nanti akan mendapatkan sertifikasi dan dipublikasikan sebagai bahan informasi kepada para calon wisatawan," ungkapnya.

Kesebelas daya tarik wisata itu antara lain, Pantai Pandawa, Water Blow Nusa Dua, Garuda Wisnu Kencana (GWK), Pantai Kuta, Pod Chocolate Factory, True Bali Experience, taman ayun, Uluwatu, Beachwalk (mall), Sangeh Hutan Kera, dan Pertiwi Quad Adventure.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini