Mau Wisata Satwa Liar? Ini 6 Hal yang Wajib Kamu Perhatikan!

Alya Amellia Amini, Jurnalis · Sabtu 05 September 2020 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 05 406 2273034 mau-wisata-satwa-liar-ini-6-hal-yang-wajib-kamu-perhatikan-9SpudZusiv.jpg Seorang fotografer memotret burung liar di hutan Klabili, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat (Okezone.com/Salman Mardira)

SETIAP tempat wisata pasti memiliki aturan sendiri yang harus diikuti oleh para wisatawan. Lebih-lebih wisata hutan untuk mengamati satwa liar, tentu saja ada peraturan tertentu yang harus diikuti lebih ketat.

Wisata satwa liar sangat menyenangkan, karena selain bisa menikmati alam, kamu juga bisa melihat aneka binatang. Wisata ini sangat cocok dilakukan di tengah pandemi Covid-19, karena sunyi dari keramaian.

Baca juga: 7 Hutan Paling Menakjubkan di Dunia, Cocok untuk Petualangan 

Ide utama yang harus kita pahami yaitu pentingnya menjaga cagar hutan. Kita tidak boleh lupa untuk mengikuti beberapa aturan penting yang berlaku, hal itu dibuat untuk melindungi kerajaan hewan.

Peraturan tersebut tentu juga dibuat agar para pengunjung merasa aman dan nyaman. Jadi perlakukanlah hewan dengan baik, jangan diganggu, atau disakiti. Cukup dilihat, dikagumi, dan dipelajari.

Berikut adalah 6 tips melakukan perjalanan satwa liar seperti dilansir dari NativePlanet, Sabtu (5/9/2020):

1. Jangan terlalu berisik

Hewan akan terganggu dan mereka mungkin bersembunyi jika mendengar terlalu banyak suara. Jadi ketika kalian terlalu bersemangat, maka bicaralah dengan nada rendah dan jangan teriak, sunyi adalah salah satu keindahan hutan.

2. Jangan gunakan pakaian warna mencolok

Hal utama yang patut dilakukan adalah kalian jangan memakai pakaian dengan warna yang mencolok. Dengan memakai pakaian berwarna cerah saat safari satwa liar dapat membuat hewan satwa tersebut menjauh atau bahkan menyerang, karena hewan dapat terpengaruh oleh warna.

Kenakan warna-warna sederhana dan pilihlah warna yang menyatu dengan alam seperti cokelat tua atau muda dan hijau tua atau muda. Hal yang perlu diperhatikan yaitu pakaian yang dikenakan harus senyaman mungkin.

3. Jangan turun dari kendaraan safari

Jangan pernah turun dari kendaraan safari kecuali kalian sudah memiliki izin untuk melakukannya, karena di sebagian besar taman nasional dan cagar alam, para wisatawan tidak diperbolehkan turun dari kendaraan.

4. Jangan membuang sampah

Jangan membuang sampah atau plastik ke dalam hutan. Sampah tersebut harus kalian simpan sampai kalian menemukan tempat sampah, karena kita harus selalu menerapkan untuk membuang sampah pada tempatnya.

Membuang sampah sembarangan saat melakukan safari satwa liar akan membuat lingkungan kotor dan dapat membahayakan satwa, karena satwa bisa menganggapnya itu sebagai makanan lalu kemudian ditelan.

5. Jangan memakai parfum yang kuat

Hewan liar memiliki indera penciuman yang tajam. Jadi, jika ada aroma atau harum yang tidak dikenal masuk ke daerah kekuasaannya, insting mereka secara otomatis akan menyelidiki dan mendatangi sumber aroma tersebut. Hal ini mungkin akan membuat mereka marah.

Jadi jika ingin melakukan safari satwa liar, kalian harus hindari menggunakan parfum atau deodoran yang wanginya terlalu kuat.

6. Merencanakan wisata foto

Memotret hewan juga memiliki tantangan tersendiri, karena memotret hewan terbilang tidak dapat diprediksi. Belum lagi kondisi alam yang dapat berubah sewaktu waktu.

Jika kalian ingin mengikuti tour foto kalian harus menghubungi pemandu lokal atau naturalis yang dapat mengatur tour tersebut. Lakukan pencarian terlebih dahulu dengan tepat tentang panduan profesional. Kalian juga dapat mencari organisasi yang melakukan tour foto di taman nasional atau suaka margasatwa di tempat tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini