7 Hutan Paling Menakjubkan di Dunia, Cocok untuk Petualangan

Eka Putri Wahyuni, Jurnalis · Sabtu 05 September 2020 09:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 05 408 2272976 7-hutan-paling-menakjubkan-di-dunia-cocok-untuk-petualangan-yGOFF3V4SB.jpg Jiuzhaigou Valley, Sichuan, China (Foto chinadiscovery)

MENIKMATI liburan dengan jalan-jalan, melepaskan segala kepenatan adalah hal paling mengasyikkan. Salah satu destinasi paling tepat untuk menyegarkan pikiran adalah hutan.

Selain bisa melihat pemandangan alam dengan aneka pepohonan, di hutan kamu bisa merasakan ketenangan dengan menikmati suara-suara burung dan binatang-binatang liar serta mengirup udara segar dan sejuk.

Baca juga: 4 Mitos Klasik Tentang Wanita Hobi Solo Traveling 

Nah, berikut ini ada 7 hutan paling menakjubkan di dunia yang bisa jadi tujuan wisata seperti dilansir dari Wanderlust, Sabtu (5/9/2020).

1. Daintree Forest, Queensland, Australia

Hutan Daintree yang terdapat di pantai timur laut Australia adalah salah satu hutan hujan yang paling menakjubkan di dunia. Hutan ini juga dianggap sebagai hutan hujan tertua, sebab telah ada terus-menerus selama 110 juta tahun terakhir.

ilustrasi

Hutan Daintree (Instagram)

Dan Anda pun bisa mengambil kesempatan untuk tidur di jantung hutan lalu dinyanyikan oleh berbagai katak dan serangga yang sangat beragam. Di sini kaya akan beraneka ragam flora maupun fauna, salah satunya hewan kasuari yang sulit ditangkap, dan begitu langka sehingga penduduk setempat membeli tiket lotere setiap kali mereka melihatnya.

2. Crooked Forest, Polandia

Hutan pohon pinus yang memiliki bentuk aneh ini terdapat di Nowe Czarnowo, Pomerania Barat, Polandia. Tidak ada yang tahu pasti bagaimanya pohon-pohon ini bisa seperti ini.

Beberapa percaya bahwa suatu jenis alat atau teknik digunakan ketika mereka ditanam pada tahun 1930-an sehingga mereka dapat digunakan dalam pembuatan kapal.

ilustrasi

Crooked Forest (Instagram)

Yang lain berspekulasi bahwa anak muda dihancurkan oleh tank selama Perang Dunia II dan itulah yang membuat mereka tumbuh dengan cara ini. Apa pun alasannya, hasilnya adalah salah satu hutan paling aneh yang pernah Anda lihat dan ini sangat unik untuk dijadikan latar belakang untuk Anda berfoto.

3. Monteverde Cloud Forest Reserve, Kosta Rika

Nama hutansesuai kota di dekatnya yaitu Monteverde. Hutan lindung seluas 26.000 hektar ini terletak di ketinggian awan legendaris Kosta Rika.

ilustrasi

Monteverde Cloud Forest Reserve (Instagram)

Cagar Alam ini terdiri dari 6 zona ekologis, 90% di antaranya adalah hutan virgin. Dengan lebih dari 2.500 spesies tanaman (termasuk spesies anggrek terbanyak di satu tempat), 100 spesies mamalia, 400 spesies burung, 120 spesies reptil dan amfibi, yang pastinya akan menarik perhatian Anda.

4. Redwood National Park, California, Amerika Serikat

California Redwoods adalah pohon tertinggi di planet ini dan Redwood National dan State Parks adalah tempat Anda akan menemukan 45% dari mereka. Yang terakhir dari jenis mereka, raksasa tua ini tersebar di empat taman dan mencakup 158 kilometer persegi.

ilustrasi

Redwood National Park (Instagram)

Tumbuh hingga 116 meter, hanya dengan melihat gedung pencakar langit alami ini akan membuat Anda merasa kecil. Anda mungkin akan merasakan sedikit lembab juga. Kabut menyumbang hingga seperempat dari curah hujan yang dibutuhkan agar hutan Redwoods yang perkasa dapat bertahan hidup. Ingat, tetesan kabut adalah hal yang baik!

5. Sagano Bamboo Forest, Jepang

Dengan melakukan perjalanan kereta dalam waktu singkat dari Kyoto, hutan bambu yang menjulang tinggi di distrik Arashiyama ini telah menjadi tujuan yang harus dikunjungi bagi penduduk setempat dan wisatawan.

ilustrasi

Sagano Bamboo Forest (Instagram)

Secara visual, hutan ini sangat menakjubkan. Tapi berhentilah sejenak dan dengarkan angin gemerisik melalui bambu yang berderit. Suara itu telah dinyatakan sebagai salah satu dari "100 Soundscapes of Japan" oleh pemerintah Jepang, pilihan suara sehari-hari yang dimaksudkan untuk mendorong penduduk setempat untuk berhenti dan menikmati musik alam.

6. Jiuzhaigou Valley, Sichuan, China

Lembah Jiuzhaigou di Sichuan telah dinyatakan sebagai situs warisan dunia UNESCO dan cagar biosfer dunia.

Hal ini tidak dapat disangkal keindahannya, dengan danau yang jernih, puncak yang tertutup salju, dan hutan purba. Ini adalah pelestarian terakhir dari sejumlah spesies tanaman dan hewan yang terancam punah, termasuk panda raksasa, monyet emas Sichuan, takin Sichuan dan banyak anggrek dan rhododendrons.

7. Great Bear Rainforest, British Columbia, Kanada

Great Bear Rainforest di British Columbia adalah tanah luas yang dipenuhi pohon aras kuno, air terjun berlumut dan 'Spirit Bears', beruang Kermode langka berwarna krem yang dianggap suci oleh orang-orang T'simshian setempat.

ilustrasi

Great Bear Rainforest (Instagram)

Diperkirakan seluas Irlandia, karena kondisi alaminya hutan ini juga merupakan rumah bagi serigala abu-abu pesisir, beruang grizzly, rusa Sitka, puma, kambing gunung, orca, salmon, singa laut, berang-berang laut, paus bungkuk. Hal ini sangat halus dan magis, serta penuh dengan satwa liar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini