Pesona Satonda, Pulau Unik dan Eksotik di Timur Indonesia

Eka Putri Wahyuni, Jurnalis · Minggu 06 September 2020 08:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 05 408 2273125 pesona-satonda-pulau-unik-dan-eksotik-di-timur-indonesia-FUcEEZeFe4.jpg Pulau Satonda di Dompu, Nusa Tenggara Barat (Instagram @twasatonda)

INDONESIA memang menyimpan banyak keindahan alam yang masih sangat asri. Salah satunya yaitu Pulau Satonda. Pulau cantik dan unik ini terletak di Desa Nangamiro, Kecamatan Tambora, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Memiliki keindahan alam menakjubkan, Satonda layak jadi destinasi wisata.

Melansir dari video Youtube Channel News MNCTV, Sabtu (6/9/2020), pantai di Pulau Satonda berpasir putih berpadu dengan laut biru kehijauan. Selain permukaannya yang keren, Pulau Satonda juga memiliki alam bawah laut memukau.

Baca juga:  Ke Labuan Bajo, Dinda Hauw Sayang-sayangan Sama Rey Mbayang di Kapal Phinisi

Pulau Satonda juga memiliki danau yang unik, karena airnya sangat asin, bahkan melebihi asinnya air laut. Danau di pulau ini terbentuk akibat dari letusan gunung api purba.

Danau Satonda terlihat luas membentang di tengah kiri pulau, menghasilkan pemandangan yang eksotis dari ketinggian. Ketika berkunjung ke danau ini, ada hal yang unik lagi yaitu terdapat pohon batu harapan. Banyak mitos di sini.

Batu-batu digantung pada pohon tersebut merupakan harapan-harapan dan doa dari para wisatawan yang berkunjung.

Pulau Satonda memiliki banyak spot snorkling maupun diving karena alam bawah lautnya bertabur terumbu karang dan ikan berwarna-warni.

 ilustrasi

Alam bawah laut Pulau Satonda (IG @satondaisland)

Di sini dapat ditemukan banyak kima di antara padatnya terumbu karang, selain itu bintang laut dapat dengan mudah ditemukan, mulai dari bintang laut berwarna biru hingga yang berduri.

Dan di sini pun dapat menemukan spot karang yang padat, rumah dari ratusan ikan-ikan cantik yang tidak jauh dari bibir pantai. Di sini berbagai ikan karang, seperti kerapu, moorish idol, dan lionfish tak jarang ditemukan, bahkan ikan badut dapat dilihat bersembunyi dibalik anemon.

Indah sekali memang Pulau Satonda mulai dari daratan hingga bawah lautnya, berhasil memukau hati para wisatawan. So, jika berencana pergi ke Nusa Tenggara Barat, jangan lewatkan ke Pulau Satonda ya!

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini