Jadi Destinasi Wisata Super Prioritas, Labuan Bajo Deklarasikan Perang Lawan Sampah

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 07 September 2020 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 406 2273714 jadi-destinasi-wisata-super-prioritas-labuan-bajo-deklarasikan-perang-lawan-sampah-z2WC7oC9Ex.jpg Beby Tsabina di Pulau Padar. (Foto: Instagram/@bebytsabina)

SELAIN penerapan protokol kesehatan, kebersihan menjadi salah satu tantangan yang dihadapi pengelola objek wisata. Karena di era new normal, sudah waktunya untuk mengembalikan kepercayaan wisatawan di setiap destinasi.

Seperti di Labuan Bajo, sejak awal pembukaan destinasi wisata, Dinas Pariwisata Provinsi NTT benar-benar memerhatikan protokol kesehatan dan hal lainnya di era new normal. Bahkan objek wisata yang jadi destinasi super prioritas ini jadi pelopor penerapan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT Wayan Darmawan mengatakan, sejauh ini Labuan Bajo menjadi pelopor penerapan protokol kesehatan. Lantaran dari kekuatan pariwisata di NTT hanya ada dua hub yaitu Labuan Bajo dan Kupang.

Baca Juga: 6 Tempat Bulan Madu Romantis Sering Didatangi Artis 

labuan bajo

“Untuk itu, kita perlu membangun komitmen kebersihan yang lebih baik, yang lebih dari biasanya," ujarnya lewat keterangan resmi yang diterima Okezone.

Wayan menegaskan, kebersihan saat ini menjadi tantangan dan momentum bangkitnya pariwisata. Mengembalikan kepercayaan kepada wisatawan menjadi tugas utama pengelola wisata.

"Selain itu kita juga butuh langkah-langkah progresif dan radikal untuk menjadikan sampah sebagai musuh utama,” katanya.

Di Labuan Bajo dan Kupang, sambung Wayan, mampu disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sehingga bukan hanya wisatawan Nusantara yang percaya, namun juga wisatawan mancanegara akan kembali percaya dan siap mengunjungi NTT.

Kadispar Manggarai Barat, Augustinus Rinus menambahkan, dibukanya kegiatan pariwisata ini sangat dinantikan dan dibutuhkan masyarakat Labuan Bajo. Sudah tepat bila Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan sosialisasi Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability (CHSE) di destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo.

"Sebagai salah satu upaya pemerintah untuk membangkitkan kembali sektor parekraf yang terdampak akibat pandemi Covid-19, serta mengembalikan kembali kepercayaan masyarakat dalam berwisata secara aman ini sangat penting dilakukan," ujar Agustinus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini