Mengunjungi Wisata Alam di Jakarta, Tak Kalah dari Sungai Amazon

Alya Amellia Amini, Jurnalis · Senin 07 September 2020 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 408 2273725 mengunjungi-wisata-alam-di-jakarta-tak-kalah-dari-sungai-amazon-ssdJ2ESNmS.jpg Hutan Mangrove PIK. (Foto: Instagram/@mariasarahdiva)

WISATA alam sangat cocok dilakukan di tengah pandemi Covid-19, karena jauh dari keramaian dan wisatawan bisa jaga jarak. Selain itu, wisata alam juga menjadi alternatif liburan paling aman di masa new normal, karena paparan virus corona di lokasi terbuka diklaim lebih rendah.

Tapi meskipun wisata alam minim paparan virus corona, Anda jangan kemudian jadi mengabaikan protokol kesehatan. Anda harus tetap mengikuti segala peraturan yang telah ditetapkan guna mengurangi penyebaran virus.

Di Jakarta, ada loh tempat wisata alam keren bak di Sungai Amazon. Penasaran di mana? Check It Out?

Baca Juga: Liburan ke Labuan Bajo, Asyiknya Salmafina Sunan Berjemur Pakai Bikini

1. Faunaland

faunaland

Indonesia memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah, begitu pula pada flora dan faunanya. Dilansir Okezone dari Instagram @jktfooddestination, ada tempat wisata di Jakarta yang sangat eksotis, ketika kita berkunjung itu berasa sedang liburan di Sungai Amazon.

Tempat wisata tersebut bernama Faunaland, kebun binatang kecil yang terletak di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Berbeda dengan kebun binatang lainnya, Faunaland sangat fokus dalam usaha konservasi satwa langka yang terancam punah.

Selain itu, Faunaland juga terus berusaha untuk memberikan edukasi dan pembelajaran kepada anak-anak dan generasi selanjutnya mengenai pentingnya usaha menjaga keberadaan satwa-satwa ini.

Faunaland sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata untuk liburan bersama keluarga tercinta, karena disini anda bisa melihat hewan-hewan yang keberadaannya terancam punah karena perburuan dan kehilangan habitat. Contohnya seperti kura-kura terbesar di dunia, kanguru putih, singa putih, bekantan asli pulau Kalimantan, dan lainnya.

Pengunjung juga bisa melihat satwa-satwa di sini dengan lebih dekat, tidak adanya sekat yang terlalu jauh antara pengunjung dan kandang satwa. Selain itu kita bisa mengenal satwa-satwa yang sangat menggemaskan dan juga unik, bahkan Anda bisa berinteraksi dengan mereka.

Jangan khawatir jika Anda ingin berkunjung ke Faunaland ini saat pandemi. Karena lokasi ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat bagi para pengunjung untuk mencegah penyebaran virus. Maka semua pengunjung diwajibkan menggunakan masker dan bahkan disediakan sarung tangan sekali pakai untuk sepanjang kunjungan kesini.

2. Hutan Mangrove

mangroove

Jika Anda ingin berwisata alam, tempat yang wajib Anda kunjungi yaitu hutan mangrove di Pantai Indah Kapuk. Tempat ini sangat cocok untuk anda menghilangkan penat dari Kota Jakarta yang super hectic. Dengan pepohonan yang lebat dan adem, serta jalan setapak yang terbuat dari kayu, tempat ini seru untuk sekadar jalan-jalan ataupun foto-foto bareng teman Anda.

Dulu ketika wisata ke hutan mangrove anda hanya bisa jalan-jalan saja. Tapi sekarang Anda bisa nongkrong di sebuah kafe di dalam hutan mangrove ini sambil menikmati pemandangan alam. Coffee shop tersebut yaitu The Mangrove by Kopi Jiro.

Dengan bangunannya yang terbuat dari kayu ini pastinya sangat unik. Coffee shop ini berlokasi di pinggir sungai, setelah melewati kantin. Tempat yang satu ini cocok sekali untuk Anda yang ingin nongkrong di tempat yang bernuansa alam dan nyaman. Salah satu hal yang wajib kalian lihat di sini adalah sunsetnya.

Pembelian tiket bisa dilakukan pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB atau ketika jumlah kuota pengunjung harian terpenuhi (yaitu 750 orang). Jadi pastikan anda sampai di sini sebelum pukul 16.00 WIB jika ingin menikmati sunset. Tapi hal yang perlu Anda ingat, Kopi Jiro hanya buka saat weekend, yaitu Sabtu, Minggu, dan juga hari libur. Jadi jika weekdays tempat ini tutup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini