Share

Intip Pesona Gunung Lembu di Purwakarta yang Disambangi Influencer Ayla Dimitri

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 07 September 2020 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 408 2273768 intip-pesona-gunung-lembu-di-purwakarta-yang-disambangi-influencer-ayla-dimitri-lMvAAKOZJp.JPG Alya Dimitri saat berkunjung ke Gunung Lembu di Purwakarta, Jawa Barat (Foto: Instagram/@alyadimitri)

PESONA Gunung Lembu di Purwakarta, Jawa Barat mulai dilirik oleh influencer Indonesia. Belum lama ini, giliran content creator Ayla Dimitri yang menjajal langsung keindahan Gunung Lembu.

Melalui unggahan foto di akun Instagram pribadinya, @ayladimitri, wanita berusia 34 tahun itu tampak berfoto dengan latar belakang panorama alam yang indah dihiasi langit biru yang cerah. Di unggahan ini, Ayla juga tampil cantik mengenakan sport wear bernuansa hitam lengkap dengan sandal hiking berwarna senada.

Lantas, seperti apa keistimewaan Gunung Lembu bila dibandingkan dengan gunung-gunung lain di Indonesia? Secara umum, Gunung Lembu memang bukanlah destinasi favorit bagi para pendaki lokal. Namun, keindahan panorama yang disuguhkan dari puncaknya terlihat sangat memukau.

Nikmati pemandangan waduk Jatiluhur

Meski proses pendakian memakan waktu sekira tiga jam, sesampainya di puncak, wisatawan dapat melihat keindahan Waduk Jatiluhur yang dihiasi gumpalan awan cantik saat cuaca cerah. Tak hanya itu, di sekelilingnya, wisatawan dapat menyaksikan lanskap Kota Purwakarta dengan latar belakang Gunung Parang yang megah.

Alya Dimitri

Spot sunset dan sunrise terbaik

Bagi para pencinta senja, Gunung Lembu juga bisa jadi alternatif terbaik untuk menikmati momen matahari terbenam. Bahkan, dari sekian banyak pilihan tur yang ditawarkan oleh pemandu wisata lokal, kebanyakan wisatawan diketahui lebih memilih datang di pagi hari dan sore hari (one day trip).

Bukan tanpa alasan, momen matahari terbenam di Gunung Lembu memang begitu memikat. Semburat jingga langit senja terlihat sangat syahdu dengan hiasan kelap kelip lampu-lampu kota dan karamba. Momen magis ini sangat sayang untuk dilewatkan!

Tak hanya itu, bagi wisatawan yang memilih untuk bermalam atau berkemah di Gunung Lembu, juga bisa menikmati keindahan matahari terbit (sunrise) dengan suasana yang begitu tenang dan damai. Bisa dibilang, Gunung Lembu sangat cocok bagi wisatawan yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk ibu kota.

Cara menuju Gunung Lembu

Gunung Lembu terletak di Kampung Panunggal, Desa Panyindangan, Kabupatan Purwakarta, Jawa Barat. Untuk menuju gunung ini, Anda bisa menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi.

Bila datang dari Jakarta, ambillah rute yang melewati ruas tol Purbaleunyi. Setelah itu keluar di Tol Ciganea, Purwakarta. Dari pintu gerbang tol, langsung belok kanan menuju Jalan Raya Sukatani. Ikuti jalan tersebut hingga sampai ke Stasiun Kereta Sukatana. Dari sini, Anda bisa menggunakan peta digital atau bertanya kepada warga setempat untuk mempermudah perjalanan.

Harga tiket masuk dan fasilitas

Setelah sampai di pintu masuk atau pos keberangkatan Gunung Lembu, Anda wajib melapor dan mengisi buku tapi.

Kemudian membayar retribusi senilai Rp12.500. Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman, mengingat Anda akan melalui berbagai jalur pendakian yang cukup menantang, meski terbilang aman.

Di pos ini, terdapat berbagai fasilitas pendukung seperti toilet umum, warung makan, mushala, dan tempat parkir. Jadi lakukanlah persiapan yang matang sebelum memulai pendakian. Selamat liburan!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini