5 Wisata Gurun Pasir di Indonesia, Cantiknya Tak Kalah dengan Timur Tengah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 07 September 2020 21:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 408 2273975 5-wisata-gurun-pasir-di-indonesia-cantiknya-tak-kalah-dengan-timur-tengah-MyAlYA3QYL.jpg Pantai Oetune, Nusa Tenggara Timur, salah satu spot wisata padang pasir (Instagram @suduttimur)

TAK perlu jauh-jauh ke Dubai atau negara lain di Timur Tengah untuk menikmati pemandangan gurun pasir yang eksotis. Indonesia juga punya beberapa spot wisata gurun pasir yang menarik untuk disambangi.

Di tempat ini, Anda tidak hanya disuguhkan panorama hamparan pasir yang memukau, ada beberapa aktivitas seru yang bisa dijajal.

Daripada penasaran, berikut Okezone rangkukmkan 5 rekomendasi wisata gurun pasir di Indonesia, seperti dikutip dari akun Instagram @kemenparekraf, Senin (7/9/2020).

Gurun Pasir di Pantai Oetune

Destinasi pertama ada gurun pasir di Pantai Oetune, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur. Tempat ini tak hanya menyuguhkan pemandangan laut yang indah saja. Di pesisir pantai terdapat pohon Kasuari yang berusia puluhan tahun.

Baca juga: Bangga, Indonesia Punya 75 Varian Soto Lezat Mendunia

Selain itu terdapat pula telaga biru, dan hamparan gurun pasir bertekstur lembut. Pas banget foto-foto di sini pakai drone!

Gurun Pasir Telaga Biru

Selanjutnya ada Gurun Pasir Telaga Biru di Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Sesuai dengan namanya, sejauh mata memandang, Anda akan dimanjakan panorama hamparan pasir putih yang berhiaskan telaga-telaha air berwarna biru. Sekilas tampilannya seperti oase.

ilustrasi

Siapa sangka, dulunya gurun pasir ini merupakan area penambangan pasir bauksit yang sudah mengeras. Aktivitas penambangan sudah dihentikan sejak masa pemerintah Presiden Soeharto.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Tempat yang satu ini tentu sudah sangat familiar di kalangan wisatawan Nusantara. Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo memang tidak jauh dari Pantai Parangtritis di Daerah Istimewa Yogyakarta.

ilustrasi

Salah satu keistimewaan tempat ini adalah wisatawan dapat bermain snowboarding di atas lembutnya pasir abu-abu. Seru banget!

Gumuk Pasir Sumalu

Tak banyak yang tahu bahwa Kabupaten Toraja di Sulawesi Selatan juga punya wisata gurun pasie yang sangat unik. Namanya Gumuk Pasir Sumalu.

Berbeda dengan gurun pasir pada umumnya, daya tarik Gumuk Pasir Sumalu terletak pada pasir padat membukit yang dikelilingi tumbuhan hijau. Cocok banget untuk berpetualang sambil menikmati senja di sore hari.

Pasir Berbisik

Keindahan Pasir Berbisik di Kawasan Taman Nasional Gunung Bromo, Jawa Timur ini memang tidak perlu diragukan lagi. Saking cantiknya, Pasir Berbisik sering dijadikan lokasi syuting sederet film Tanah Air.

Ciri khasnya terletak pada bunyi bisikan saat tersapu angin! Jadi penasarankan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini