Share

Pelesir ke Lombok, Jangan Lupa Bawa 5 Oleh-Oleh Mengesankan Ini

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Senin 07 September 2020 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 549 2273983 pelesir-ke-lombok-jangan-lupa-bawa-5-oleh-oleh-mengesankan-ini-Y7ZkiNObcj.JPG Anyaman ketak khas Lombok, NTB (Foto: Instagram/@widiket)

LOMBOK dikenal sebagai salah satu tempat dengan panorama alam terindah di dunia. Maka tak heran banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk menyegarkan pikiran dan mencuci mata. Selain itu, terdapat berbagai jenis karya yang dihasilkan oleh masyarakat sekitar dan pemasarannya telah mencapai luar negeri.

Begitu banyak kerajinan kreatif yang pengerjaannya masih tradisional oleh tenaga manusia. Tak jarang beberapa diantaranya mempunyai harga yang terbilang mahal dikarenakan lamanya proses pembuatan dan kualitas dari produk itu sendiri. Berikut Okezone telah merangkum lima kerajinan tangan yang dapat menjadi oleh-oleh khas Lombok.

Kain tenun songket Sasak

Kain tenun ini merupakan cenderamata atau buah tangan yang sering diburu oleh wisatawan. Motif dan warna yang tersedia sangat beragam. Proses pembuatan kain tenun ini masih tradisional dengan tenaga manusia dan harga yang dipatok cukup tinggi.

Kain Songket Lombok

(Foto: Instagram/@sasak_exotic)

Dikutip dari laman Merah Putih, selama proses pembuatan kain ini akan memakan waktu 2-3 bulan lamanya karena dalam sehari para penenun hanya dapat membuat 8-10 centimeter saja.

Kerajinan mutiara

Lombok terkenal dengan panorama alam yang indah dan hasil laut yang melimpah, salah satunya mutiara. Menukil dari channel Youtube Bowos Production, Kampung Sekarbela yang berada di Lombok ini menjadi pusat kerajinan mutiara.

Mutiara Lombok

(Foto: Instagram/@originalmutiara)

Di tempat ini, para wisatawan dapat memesan mutiara sesuai keinginan dan ada pula produk yang sudah jadi seperti perhiasan serta harga bervariasi tergantung dari kualitas mutiaranya.

Kopi Lombok

Indonesia dikenal sebagai negara penghasil kopi terbaik, beberapa daerah mengekspor hasilnya ke beberapa negeri di seluruh dunia yang salah satunya berasal dari Lombok.

Kopi Lombok

(Foto: Instagram/@kopi_lombok_asli)

Dikutip dari laman Genpi, kopi yang paling direkomendasikan adalah robusta yaitu Gangga Lombok yang berasal dari Lombok Utara. Kopi yang sudah terkenal hingga Korea Selatan dan Irlandia ini memiliki rasa yang beragam seperti karamel, gula merah, apel, dan cokelat.

Anyaman ketak

Desa Beleka yang terletak di Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menjadi sentra kerajinan tangan tertua.

Anyaman Lombok

(Foto: Instagram/@hanumancraft)

Di tempat ini terdapat tanaman paku-pakuan yang menjalar yang disebut ketaq atau ketak. Untuk proses pembuatannya dibutuhkan pengeringan, pembelahan, dan pembentukan. Biasanya hasil dari tanaman ini akan dibentuk menjadi tas, piring, dan tempat perhiasan.

Dodol rumput laut

Dikenal dengan beragam pantainya yang indah, tentu hasil lautnya melimpah. Sebelum kamu meninggalkan Lombok, jangan lupa nyobain dodol rumput lautnya lho ya!.

Dodol Rumput Laut

(Foto: Instagram/@oleh2khas_lombok)

Seperti rumput laut yang diolah sebagai dodol dengan beragam rasa yaitu pisang, durian, melon, jahe, dan lain-lain serta harganya bervariasi yang dimulai dari harga Rp20 ribuan saja lho guys.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini