Surabaya Kembangkan Bunga Tabebuya, Mirip dengan Sakura Loh

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 08 408 2274558 surabaya-kembangkan-bunga-tabebuya-mirip-dengan-sakura-loh-fyG4HCOf9G.jpg Bunga Tabebuya. (Foto: Instagram/@surabaya)

SURABAYA yang identik dengan patung ikan hiu dan buaya memiliki banyak destinasi wisata. Salah satunya adalah melihat pemandangan bunga tabebuya, yang belakangan ini sedang viral di sosial media.

Tanaman yang menyerupai bunga sakura ini berasal dari Brazil. Tabebuya adalah singkatan dari kata tacyba bebuya yang memiliki arti semut kayu.

Bunga Tabebuya biasanya akan bermekaran pada April, Oktober, dan November. Sejak beberapa pekan lalu, bunga tabebuya sedang bermekaran di Surabaya.

Baca Juga: Nikmati Sunset Pantai Bali Bareng Gempi, Body Gisel Bikin Melek

 tabebuya

Dilansir Okezone dari Instagram @surabaya, pemerintah Surabaya telah menanam bibit bunga tabebuya sejak 2010 di Kebun Bibit Wonorejo. Tabebuya sudah mulai bermekaran dari perkiraan waktu normal.

Bunga ini memiliki warna yang sangat indah seperti kuning, pink, putih, dan ungu. Fungsi dari Tabebuya yakni sebagai pelindung, membuat udara menjadi lebih bersih, dan sebagai pupuk. Tanaman yang berada di pinggir jalan tertentu ini dapat dijadikan sebagai spot foto yang Instagramable.

 

Bunga tabebuya dapat ditemukan di Embong Malang, Darmahusada, Gubeng, Jalan Adityawarman, Jalan Raya Dr. Moestopo, Kertajaya, dan lainnya.

bunga

Tabebuya juga dijuluki sebagai bunga terompet karena kemiripan antar keduanya. Tanaman ini dapat tumbuh hingga ketinggian lima hingga 50 meter dan hidup di iklim tropis serta subtropis. Saat ini, Tabebuya termasuk tanaman langka yang harus dilestarikan.

Karena kecantikannya, tak jarang banyak yang ingin menjadikannya tanaman hias. Bunga ini dijual dengan harga yang cukup tinggi, untuk ukuran paling kecil sekitar Rp150 ribu dan ukuran besar mencapai jutaan rupiah. Dengan hiruk pikuk yang terjadi di perkotaan, semoga Tabebuya dapat menyegarkan pikiran Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini