5 Fakta Unik tentang Merauke, Kota Paling Timur Indonesia

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Rabu 09 September 2020 13:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 09 406 2274897 5-fakta-unik-tentang-merauke-kota-paling-timur-indonesia-W1kNC1RQnv.JPG Kantor Bupati Merauke (Foto: jubi.co.id)

BAGI sebagian orang mungkin belum banyak yang mengetahui ada apa aja sih di wilayah Timur Indonesia. Papua adalah sebagian kecil surga yang ada di Timur Indonesia.

Faktanya, Bumi Cenderawasih merupakan pulau terluas di Indonesia dengan luas 420.540, empat kali Pulau Jawa.

Papua juga memiliki beragam suku dan budaya yang kaya. Kelompok suku asli di sana terdiri dari 255 suku dengan bahasa dan budaya berbeda.

Tak heran jika Papua adalah salah satu destinasi wisata yang wajib ada dalam daftar kunjungan kamu nih.

Kali ini Okezone akan mengajak kamu semua untuk lebih dekat dan mengenal salah satu kota paling Timur di Indonesia yaitu Merauke. Yuk simak sederet fakta unik yang ada di Kota Merauke seperti dilansir dari akun Instagram Timtimur.id:

Baca juga: Menikmati Panorama Alam ala Luar Negeri di Sasak Panyawangan

Asal nama Merauke

Merauke Berasal dari nama Sungai Maro yang ada di Merauke. Dalam Bahasa Marind (suku asli Merauke) kata Merauke berbunyi dan dilafalkan dengan “Maro Ka Ehe”

Kota terluas paling timur Indonesia

Jika Sabang adalah kawasan paling utara Indonesia, maka Merauke merupakan titik terakhir di timur. Berbatasan langsung dengan Papua Nugini Merauke menjadi kota terluas di Indonesia. Luas wilayah Merauke adalah 46.792 km persegi atau sekitar 15 persen dari total wilayah Provinsi Papua dan 70 kali lebih besar dari negara Singapura.

Habitat Ikan Arwana

Ikan Arwana

Siapa yang tidak kenal ikan Arwana. Ikan hias air tawar ini merupakan famili osteoglossidae yang harganya bisa selangit lho guys. Ikan ini ternyata cukup banyak ditemukan di Sungai Maro, Merauke yang menjadi habitat mereka.

Kota bersejarah

Pasti kamu sangat familiar dengan lagu 'Dari Sabang sampai Merauke'. Nah di Kota Merauke terdapat tugu kembar sebagai peringatan yang menunjukkan batas paling timur dari negara Indonesia. Itu artinya Kota Merauke juga punya nilai sejarah tersendiri yang patut dibanggakan.

"Markas" Avengers

Di Merauke terdapat Monumen Kapsul Waktu. Monumen ini memiliki desain yang mirip dengan markas superhero 'The Avengers'. Meski mirip, monumen yang diresmikan Presiden Joko Widodo pada 16 November 2018 itu jauh dari kisah film Hollywood.

Kapsul Waktu di Merauke

Monumen ini menyimpan impian atau cita-cita bangsa Indonesia yang akan dibuka dan dibacakan tepat pada 17 Agustus 2085. Atau 70 tahun kemudian sejak pencanangannya pada 17 Agustus 2015 silam. Semoga impian dan cita-cita para pemuda-pemudi bangsa Indonesia dapat terwujud di kemudian hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini