Jakarta PSBB Total, Ini 5 Tempat Wisata Sejarah Paling Beken di Ibu Kota

Faradilla Rachman, Jurnalis · Kamis 10 September 2020 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 10 408 2275599 jakarta-psbb-total-ini-5-tempat-wisata-sejarah-paling-beken-di-ibu-kota-b0ZejWlU61.jpg Monas, Jakarta (Okezone.com/Dede)

PEMPROV DKI Jakarta kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSSB) secara total mulai, Senin 14 September 2020, karena tingginya kasus penularan Covid-19. Sejumlah sektor akan dibatasi, termasuk pariwisata.

Jakarta memang memiliki banyak tempat wisata, mulai dari yang kekinian, alam, hiburan malam, margasatwa, cagar budaya, kuliner hingga sejarah. Banyak turis yang menjadikan Jakarta sebagai gerbang masuk dan keluar Indonesia.

Baca juga: 5 Taman Cantik Terdampak PSBB Jakarta

Tapi, jika kamu memiliki waktu luang, maka ada berbagai macam atraksi untuk dinikmati dari museum unik hingga berbagai monumen nasional yang bisa kamu nikmati di Ibu Kota.

Jakarta juga merupakan tempat yang tepat untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Indonesia yang rumit. Jadi, bagi wisatawan yang ingin mengetahui tentang sejarah Indonesia, maka bisa berkunjung ke tempat wisata bersejarah tersebut.

Okezone merangkum 5 tempat wisata sejarah Indonesia yang terkenal di Jakarta, banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

1. Museum Gajah atau Museum Nasional

Museum Gajah atau Museum Nasional. Letaknya di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Kota Jakarta Pusat, tepatnya di seberang halte Transjakarta Monas dan berseberangan dengan Monas. Tempat wisata sejarah di Jakarta ini merupakan salah satu museum yang memiliki banyak peninggalan sejarah serta patung.

Ilustrasi

Museum Gajah (Instagram @visitjakarta)

Patung gajah merupakan ikon dari museum ini. Untuk turis yang ingin mengetahui lebih detail mengenai museum ini, ada pemandu yang siap mengantar pengunjung berkeliling museum ini. Kamu tertarik berkunjung ke sini okezoners?

2. Kota Tua

Di kawasan Kota Tua Jakarta, banyak menyimpan peristiwa sejarah Indonesia dari mulai masa kolonial Belanda sampai kemerdekaan.

Kota Tua terdapat banyak bangunan peninggalan Belanda dengan arsitektur unik khas Eropa. Ada juga Museum Fatahillah, Museum Wayang dan lain-lain.

Ilustrasi

Kota Tua, Jakarta (Okezone.com/Fahreza)

Kota Tua juga banyak dikunjungi oleh turis asing maupun lokal. Bagi kamu yang menyukai tour tentang sejarah cocok sekali memilih kota tua sebagai wisata edukasi.

Kota Tua juga jadi tempat wisata malam, karena saat malam tiba, banyak warga bersantai di tempat ini. Ada banyak jajanan dan atraksi di sini.

3. Monumen Nasional atau Monas

Siapa yang tidak kenal Monas? Menara tertinggi di Indonesia ini merupakan tempat wisata yang paling ikonik di Jakarta, melambangkan perjuangan Indonesia sampai pada kemerdekaan. Monumen ini dibangun untuk memperingati perjuangan pahlawan kemerdekaan Indonesia.

Bangunan ini dibuka pada tahun 1975 oleh Presiden Soekarno dan pada lapisan api di monumen ini dilapisi emas. Pengunjung bisa naik ke tugu Monas dan melihat keindahan Jakarta dari atas.

Di sekitar Monas juga banyak taman tempat bersantai. Kemudian ada pusat jajanan kuliner juga.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini