Pulu Mandoti, Beras Ketan Wangi Khas Enrekang Termahal di Indonesia

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Minggu 13 September 2020 19:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 13 301 2276993 pulu-mandoti-beras-ketan-wangi-khas-enrekang-termahal-di-indonesia-ti8zistO2b.JPG Pulu Mandoti, beras ketan wangi dan termahal di Indonesia (Foto: Instagram/@pulumandotiawo)

BERAS ketan memiliki tekstur yang lengket dengan cita rasa manis, dan harum. Jenis beras ini akan dijual lebih mahal dari biasanya. Di Sulawesi Selatan, tepatnya Enrekang memiliki beras ketan lokal terbaik yang pernah ada yaitu Pulu Mandoti.

Warnanya seperti beras merah dan wanginya menyerupai pandan sehingga siapapun pasti tergiur untuk memakannya. Bahkan satu liter beras Mandoti dapat mengharumkan 40 liter beras biasa. Saking wanginya, biasanya para pembeli akan mencampurkannya dengan beras biasa.

Mengutip dari laman Merah Putih, beras ini hanya dapat tumbuh dengan kualitas baik di dua desa yaitu Salukanan dan Kendenan, Kecamatan Baraka, Kabupaten Enrekang dengan ketinggian 700-1.000 mdpl dan kemiringan 60 derajat.

Beberapa petani sudah mencoba untuk membudidayakan di tanah Jawa namun hasilnya tidak sebaik di dua desa tersebut. Kemungkinan unsur hara dari tanah yang memengaruhi kualitasnya.

Tempat penanaman beras pulu mandoti

(Foto: Instagram/@pulumandotiawo)

"Setiap orang memiliki selera yang berbeda. Saya tidak terlalu menyukai beras ketan tetapi orang lain akan menyukainya. Pulu Mandoti akan membuat ketagihan," kata Hasriani, seorang warga Enrekang.

Beras paling wangi ini dapat tercium hingga radius 100 meter dan hanya panen satu kali dalam setahun. "Harganya mencapai Rp50 ribu per kilogram, karena beras ini sangat wangi. Pulu Mandoti warnanya seperti beras merah," tambah Hasriani.

Sajian dari Pulu Mandoti dapat berupa tumpeng, nasu likku dan nasu palekko. Beras ketan ini hanya bertahan lama sekitar satu hingga dua hari saja. Oleh karena itu setelah matang sebaiknya segera disantap. Jadi makin penasaran kan? Kalau pernah ke Enrekang jangan lupa beli dan cicipi beras ketan terharum di Indonesia ini ya guys.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini