Jalan-Jalan ke Subang, Jangan Lupa Santap Nasi Liwet

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Senin 14 September 2020 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 14 301 2277391 jalan-jalan-ke-subang-jangan-lupa-santap-nasi-liwet-6b0mrv1xma.jpg Nasi liwet (Instagram @susan_melyani)

NASI liwet merupakan makanan khas Sunda yang digemari banyak orang. Biasanya, disajikan di atas daun pisang, tumpeng, atau bakul dengan lauk pauk berupa ayam bakar, ikan bakar, teri, sambal dan lalapan.

Di Jawa Barat, banyak tempat yang menyediakan nasi liwet, termasuk di Subang. Salah satu warung nasi liwet terkenal di daerah ini adalah rumah makan Situ Baeud.

Baca juga: 5 Wisata Kuliner Jakarta untuk Berakhir Pekan, Lets Go

Saung Liwet ini terletak di Jalan Tarum Timur, Karangsari, Kecamatan Binong, Kabupaten Subang. Berada di antara hamparan sawah yang luas dan hijau serta didirikan dengan bambu di atas kolam yang menambah kesan sejuk.

“Konsep saung yang berada di atas kolam ini memberikan warna baru dan disesuaikan dengan menu diantaranya adalah nasi liwet,” ujar Asep Herman, Pemilik Saung Liwet seperti dikutip dari Buletin iNews, Senin (14/9/2020).

Nasi liwet di tempat ini dimasak menggunakan arang. Pertama, beras dicuci terlebih dahulu kemudian siapkan bumbunya seperti daun salam, bawang merah, dan sereh. Setelah beras dicuci, masukkan ke dalam panci yang telah diisi air dan bumbu yang sudah diiris lalu aduk hingga rata.

Setelah 15 menit, aduk nasinya dan diamkan hingga matang kurang lebih satu jam. Setelah matang, dapat disajikan dengan beragam lauk seperti ayam bakar, ikan bakar, sambal, dan lalapan ditemani dengan es teh manis yang menyegarkan. Harganya pun terjangkau dan Anda bisa mengajak keluarga besar untuk makan di sini.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini