5 Fakta Menarik Masjid Tiban Turen, Objek Wisata Religi di Malang

Muhammad Hafizh Arya Pradana, Jurnalis · Rabu 16 September 2020 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 16 408 2278649 5-fakta-menarik-masjid-tiban-turen-objek-wisata-religi-di-malang-5iITbLpAms.jpg Masjid Tiban, Turen, Malang (Capture Youtube)

SEBAGAI negara dengan penduduk mayoritas muslim, Indonesia memiliki banyak masjid. Beberapa masjid bahkan bukan sekadar tempat ibadah, tapi juga jadi objek wisata religi. Salah satunya adalah Masjid Tiban Turen di Sananrejo, Kecamatan Turen, Malang, Jawa Timur.

Ada isu masjid ini dibangun oleh jin dalam semalam, tapi kabar ini ternyata hanya isapan jempol semata. Karena masjid ini dibangun oleh masyarakat dan santri.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Anak di Jakarta, Asyiknya Bisa Bermain Sambil Belajar 

Masjid ini memiliki arsitektur yang unik, terkesan mewah bergaya ornamen Turki, India, Rusia. Ada menara dan kubah-kubah.

Dilansir dari Instagram @infowisatamlg, Rabu (16/9/2020), berikut 5 fakta menarik Masjid Tiban Turen:

1. Dibangun oleh para santri

Kabar Masjid Tiban dibangun oleh para jin dalam semalam sama sekali tidak benar. Masjid ini dibangun oleh masyarakat bersama para santri Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri Asali Fadlaair Rahmah yang lokasinya berada satu kawasan dengan masjid.

ilustrasi

2. Bangunannya sangat megah

Bangunan Masjid Tiban terlihat megah, dengan menara tinggi yang berada di tengah-tengah pemukiman dan perpaduan ornamen khas Turki, India, Rusia hingga Mesir membuat konsep bangunan campur aduk, bernilai tinggi.

3. Bangunan 10 lantai

Bangunan Masjid Tiban terdiri dari 10 lantai. Masjid ini tidak dibangun hanya dalam semalam, tapi butuh tak sedikit untuk menyempurnakan bangunan. Masjid dibangun sejak 1978. Lantai 1 sampai 4 digunakan sebagai tempat kegiatan para santri, lantai 6 seperti ruang keluarga. Sedangkan lantai 5, 7, 8 terdapat toko yang dikelola oleh para santri.

4. Fasilitas lengkap

Dari 10 lantai, lantai 1 merupakan tempat istirahat dan musala, lantai 2 terdapat loket, ruang istirahat, ruang makan dan dapur.

Lantai 3 berisi musala, akuarium dan kebun binatang mini. Sedangkan lantai 4 merupakan lantai untuk keluarga pengasuh pondok. Lantai 5 terdapat musala, lantai 6 yang dikelola oleh para santri, lantai 9 merupakan bangunan yang di desain sebagai lereng gunung dan lantai 10 adalah gua dan juga puncak gunung.

5. Wisata religi favorit di Jawa Timur

Masjid Tiban yang beralih fungsi sebagai pesantren ini juga sering dikunjungi para wisatawan. Karena sejarah Masjid Tiban yang unik, membuat banyak orang penasaran untuk datang ke sini.

Arsitek Masjid Tiban Turen bukanlah seorang yang berlajar ilmu arsitektur di perguruan tinggi, melainkan hasil dari istikharah pemilik pondok pesantren, KH Achmad Bahru Mafdloludin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini