Dear Traveler, Ini 5 Kuliner Khas Cirebon yang Siap Memanjakan Lidahmu

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 301 2279261 dear-traveler-ini-5-kuliner-khas-cirebon-yang-siap-memanjakan-lidahmu-Hhq8x3tmL3.jpg Empal gentong (Instagram @cirebonpunya)

CIREBON, Jawa Barat termasuk salah satu kota penghasil udang dan terasi terbaik di Indonesia. Maka tak heran jika daerah ini juga terkenal dengan kuliner tradisionalnya, meski tak semua mengandung udang dan terasi.

Beberapa kuliner khas Cirebon bahkan bisa dijumpai di kota-kota lain seperti Jakarta, Bandung, bahkan Surabaya. Misalnya empal gentong dan tahu gejrot. Tapi, jika ingin mencicipi yang orisinil, tentu saja harus ke Cirebon.

Baca juga: 4 Kuliner Kaki Lima di Bogor yang Harus Kamu Coba, Apa Saja? 

Selain empal gentong, berikut deretan kuliner khas Cirebon yang siap memanjakan lidah anda.

1. Empal Gentong

Kuliner favorit masyarakat Cirebon ini mudah ditemukan di sepanjang Jalur Pantura. Sekilas tampilannya seperti gulai karena empal gentong berbahan dasar usus, irisan daging sapi, dan babat.

Yang membuatnya spesial adalah proses memasaknya menggunakan gentong dari tanah liat dan butuh waktu hingga 5 jam, sehingga dagingnya terasa empuk dan bumbunya meresap sempurna. Empal gentong disajikan bersama sambal kucai dan sambal cabai giling yang kering.

Harga seporsi empal gentong sekitar Rp25.000 hingga 40.000.

2. Nasi Jamblang

Sega atau nasi jamblang disajikan dengan daun jati sehingga nasinya tahan lama dan beraroma khas. Proses memasaknya masih tradisional dengan menggunakan kayu bakar.

Sekitar 20 lauk pauk disediakan seperti semur tahu, telur dadar, ayam goreng, dan lauk rumahan lainnya. Anda dapat memilih lauk sesuka hati. Harganya seporsi nasi jamblang sekitar Rp15.000. 

3. Nasi Lengko 

Berasal dari kata lengko atau langka memiliki arti jarang karena pelengkap yang digunakan untuk nasi ini tidak banyak. Hanya ada tahu, tempe, tauge, kucai, mentimun yang disiram menggunakan sambel kacang dan kecap.

ilustrasi

Nasi lengko (IG @aboutcirebonfood)

Meski begitu, makanan khas Kota Udang ini memiliki banyak peminat karena selain enak, harganya pun terjangkau sekira Rp15.000 seporsi.

4. Tahu Gejrot

Sudah tak asing kan dengan makanan berkuah coklat ini? Tahu gejrot berasal dari Desa Jatiseeng, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kuliner ini disajikan dengan cara tahu yang dipotong kotak serta bawang dan cabai yang diulek lalu disiram dengan air gula merah membuatnya semakin memikat.

Sebuah sumber menyebutkan, asal mula nama tahu gejrot adalah karena penyajiannya ikut disiram dengan air gula dari botol sehingga mengeluarkan bunyi “jrot-jrot”. Itulah akhirnya kuliner ini disebut tahu gejrot.

 ilustrasi

Tahu gejrot (dok Okezone)

Di Cirebon, dengan uang Rp5.000, Anda dapat menikmati seporsi tahu gejrot yang memiliki cita rasa asam pedas ini.

5. Docang

Docang, kuliner khas Cirebon berupa campuran lontong dengan parutan kelapa, daun singkong, kucai, toge, dan kerupuk. Kemudian disiram dengan kuah dage atau oncom. Harga perporsinya bervariasi dimulai dari Rp5.000.

"Untuk rasa, secara pribadi, bisa dibilang enak karena memiliki cita rasa yang khas. Soal pedas atau tidaknya rasa bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Kalau ada tamu penting, sajian khas Cirebon biasanya dijadikan jamuan," ujar Elena Sri Andari, seorang warga Cirebon.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini