10 Pedoman dan Peraturan Mendaki Gunung di Masa Pandemi Covid-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 406 2279379 10-pedoman-dan-peraturan-mendaki-gunung-di-masa-pandemi-covid-19-MuyUn3XC0l.jpg Pendakian Gunung Papandayan, Jawa Barat (Dok Okezone)

MENDAKI gunung bukanlah perkara yang mudah. Diperlukan persiapan matang baik fisik maupun mental agar proses pendakian berjalan lancar tanpa kendala berarti. Di samping itu, para pendaki juga diimbau untuk mematuhi peraturan yang berlaku.

Pihak pengelola memang sengaja merancang peraturan khusus, demi memastikan keselamatan para pendaki. Apalagi di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Baca juga: 6 Gunung Dekat Malang yang Asyik untuk Didaki

Berikut 10 Pedoman dan Peraturan Mendaki Gunung di Masa Pandemi Covid-19 yang wajib kamu ketahui, seperti dirangkum Okezone dari berbagai sumber, Kamis (17/9/2020).

1. Pilih tempat camping atau pendakian yang dekat dengan rumah. Hal ini dilakukan guna meminimalisir risiko penularan Covid-19.

2. Lakukan pendaftaran kepada petugas basecamp. Selain itu, pastikan Anda mendapat izin dengan jalur resmi dan pos pendakian yang sudah diperbolehkan dibuka resmi oleh pemerintah. Dengan demikian, petugas akan lebih mudah menemukan Anda apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

3. Kenakan masker selama berinteraksi dengan pendaki lain dan membawa masker lebih.

4. Jangan lupa menbawa hand sanitizer atau sabun cuci tangan. Disarankan pula membawa peralatan makan sendiri.

5. Jangan keluar dari jalur pendakian yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola gunung. Perlu Anda ketahui, banyak pendaki gunung yang tersesat karena tidak mengindahkan peraturan tersebut.

6. Selalu menjaga jarak dengan pendaki lain, misalnya dengan mendirikan tenda minimal 2 meter antar tenda atau tempat berkemah.

7. Selalu menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah selama pendakian berlangsung.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini