Kemenparekraf Akan Tingkatkan Fasilitas Isolasi Mandiri, Setara Hotel Bintang 3

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 18:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 406 2279520 kemenparekraf-akan-tingkatkan-fasilitas-isolasi-mandiri-setara-hotel-bintang-3-lHkgtyZCxZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

GUNA membantu pemerintah dalam menekan penyebaran pandemi Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berinisiatif menyediakan fasilitas isolasi mandiri bagi pasien tanpa gejala (OTG), bergejala ringan, dan petugas kesehatan.

Menparekraf Wishnutama Kusubandio mengatakan, penyediaan akomodasi tersebut merupakan hasil kerjasama Kemenparekraf dengan Kementerian Kesehatan dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Hal ini sesuai dengan mandat Presiden Joko Widodo saat melakukan rapat terbatas dengan sejumlah menteri.

Baca Juga: Dear Traveler, Ini 5 Kuliner Khas Cirebon yang Siap Memanjakan Lidahmu

wishnutama

"Presiden Jokowi melalui rapat terbatas menyampaikan beberapa arahan. Salah satunya menambah fasilitas isolasi mandiri bagi masyarakat, agar tidak menulari keluarga dan lingkungan sekitar," ujarnya dalam konferensi pers di Gedung BNPB, Kamis (17/9/2020).

Lebih lanjut Wishnutama menjelaskan, akomodasi atau fasilitas isolasi yang disediakan nanti akan dilengkapi sarana dan prasarana pendukung seperti obat-obatan, ambulans, dan dokter yang bertanggung jawab untuk memonitor pasien.

Dalam program ini, Kemenparekraf dilaporkan telah menyiapkan anggaran senilai Rp100 miliar untuk menyediakan akomodasi setara hotel bintang tiga.

"Selain obat-obatan, di hotel isolasi ini setiap pasien akan mendapatkan makan dan minum tiga kali sehari dan juga laundry," ungkap Menparekraf Wishnutama.

Bila berjalan dengan lancar, lanjut Wishnutama, program ini diproyeksikan dapat menampung hingga 14 ribu pasien Covid-19. Namun untuk saat ini, pihaknya tengah fokus di 5 daerah terlebih dahulu yakni, DKI Jakarta, Bali, Sumatera Utara, Jawa Barat, dan Kalimantan Selatan.

"Akan dimulai awal pekan depan. Kami juga sudah berkoordinasi dengan PHRI untuk memberikan daftar rekomendasi hotel untuk kemudian diseleksi oleh tim Kemenkes terkait kelengkapan fasilitas dan kesiapan protokol kesehatannya," terang Wishnutama.

"Kemenkes juga bertanggung jawab menyiapkan tenaga kesehatan untuk pemantauan di setiap hotel termasuk obat, ambulans, dan lain-lain. Kemenparekraf juga membuka kesempatan bagi hotel-hotel lain yang tertarik untuk berpartisipasi menanggulangi pandemi Covid-19. Namun mereka harus memenuhi semua syarat," timpalnya.

Dengan hadirnya program ini, Wishnutama berharap para OTG dan pasien bergejala ringan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk melakukan isolasi mandiri, sehingga tidak menularkan ke keluarga dan lingkungan sekitar mereka.

"Semoga upaya ini bisa efektif sekaligus membantu pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini