5 Tempat Wisata di Semarang yang Sayang Kalau Dilewatkan, Apa Saja?

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 408 2279292 5-tempat-wisata-di-semarang-yang-sayang-kalau-dilewatkan-apa-saja-dpsPfFlTUz.jpg Kota Lama Semarang (Instagram @seputarsemarang)

TIAP kabupaten dan kota di Indonesia mempunyai destinasi wisata tersendiri sebagai tempat piknik bagi masyarakatnya. Tak terkecuali Semarang. Ibu Kota Jawa Tengah ini punya sederet objek wisata menarik yang bisa jadi tempat liburan.

Semarang dikenal sebagai salah satu kota bersejarah karena diyakini pernah menjadi pelabuhan utama Kerajaan Mataram Kuno pada abad VIII.

Baca juga: 6 Gunung Dekat Malang yang Asyik untuk Didaki

Semarang juga dijuluki Venetie Van Java, karena dilalui oleh banyak sungai di tengah kota layaknya Venesia di Italia.

Dikutip dari akun Twitter @daniprastyio, Kamis (17/9/2020), berikut 5 objek wisata di Kota Semarang yang ikonik.

Lawang Sewu

Lawang Sewu, bangunan peninggalan Belanda sudah jadi ikon Kota Semarang. Nama Lawang Sewu jika diartikan secara harfiah adalah pintu seribu. Tapi, jumlah pintu Lawang Sewu hanya 928 saja loh.

Bangunan ini didirikan mulai dari 1916 hingga 1918 dan terdiri dari 5 gedung yang mempunyai fungsi berbeda, salah satunya pernah jadi kantor kereta api Belanda.

ilustrasi

Lawang Sewu (Okezone)

Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong bukan saja untuk aktivitas ibadah. Namun, keindahan disajikan bangunan ini mengundang daya tarik wisatawan.

Kelenteng tersebut merupakan bekas persinggahan dan pendaratan pertama laksamana muslim dari China, Zhen he atau Cheng Ho.

Tanda yang menunjukan sebagai bekas petilasan yang berciri keislaman dengan ditemukannya tulisan “marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Alqur’an”.

Kelenteng ini disebut Gedung Batu karena bentuknya merupakan gua batu besar yang berada di sebuah Bukit Batu. Bahkan, di kelenteng Sam Poo Kong terdapat makam seorang juru mudi dari kapal laksamana Cheng Ho.

Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang adalah suatu kawasan di Semarang yang menjadi pusat perdagangan pada abad 19-20. Pada masa itu, untuk mengamankan warga dan wilayahnya, kawasan itu dibangun benteng yang dinamai Benteng Vijhoek. Kawasan Kota Lama disebut juga Outstadt. Luas kawasan ini sekitar 31 hektare.

Dilihat dari kondisi geografi, tampak bahwa kawasan ini terpisah dengan daerah sekitarnya, sehingga tampak seperti kota tersendiri dengan julukan Little Netherland.

ilustrasi

Kota Lama Semarang (Okezone.com/Taufik Budi)

Kawasan Kota Lama Semarang ini merupakan saksi bisu sejarah Indonesia pada masa kolonial Belanda lebih dari 2 abad, dan lokasinya berdampingan dengan kawasan ekonomi. Di tempat ini ada sekitar 50 bangunan kuno yang masih berdiri kokoh dan mempunyai sejarah Kolonialisme di Semarang.

Beberapa bangunan ikonik di kawasan ini yang terkenal antara lain Gereja Blendug, Gedung Marabunta, Marba dan lain-lain.

Grand Maerakaca/Maerokoco

Masyarakat Jawa Tengah mungkin sudah tidak asing dengan nama Puri Maerakaca. Taman wisata ini merupakan taman mini versi Jawa Tengah yang menyajikan replika dan miniatur bangunan khas dari beberapa daerah di Jawah Tengah.

Puri Maerakaca sudah berganti nama menjadi Grand Maerakaca. Destinasi wisata ini semakin cantik dan kian instagramable. Tidak sedikit wisatawan yang sengaja datang ke Grand Maerakaca hanya untuk berburu spot foto yang instagramable.

Anjungan dan jembatan kayu di Grand Maerakaca ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi Okezoners yang hobi foto-foto. Terdapat pula hutan bakau nan rimbun yang menambah kesan asri dari Grand Maerakaca ini. Beberapa spot yang ditawarkan diantaranya ada Jembatan Harapan, Dermaga Cinta, hingga Perahu Sampan.

Simpang 5 Semarang

Boleh dibilang ini merupakan jantungnya Kota Semarang. Karena didaerah tersebut merupakan pusat bisnis dan perkantoran. Untuk Okezoners yang ingin menikmati suasana malam yang santai disini tempatnya.

Ada beberapa fasilitas yang disewa untuk Okezoners berkeliling seperti sepeda ontel dan becak. Gemerlap lampu jalanan berwarna-warni disetiap sudutnya juga menambah kesan romantis dan syahdu di Simpang Lima ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini