Hobi Mendaki, Ini 5 Wisata Gunung di Jawa Timur yang Harus Kamu Coba!

Faradilla Rachman, Jurnalis · Kamis 17 September 2020 16:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 17 408 2279324 hobi-mendaki-ini-5-wisata-gunung-di-jawa-timur-yang-harus-kamu-coba-GjNx15v2Mb.jpg Gunung Bromo (Foto Mahameru)

JAWA Timur punya berbagai destinasi wisata alam mulai dari pegunungan, pantai hingga air terjun. Wisata gunung di Jawa Timur menjadi salah satu daya bagi wisatawan yang hobi petualang atau mendaki.

Salah satu gunung ikonik di Jawa Timur adalah Gunung Bromo dengan hamparan pasir bak gurun, mirip di Timur Tengah. Selain Bromo, masih banyak gunung hits dan menarik lainnya di Jawa Timur lho okezoners.

Berikut 5 gunung di Jawa Timur yang jadi destinasi wisata, harus kamu coba!

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo menjadi salah satu objek wisata terbaik di Indonesia. Terletak di Jawa Timur, popularitas wisata ini terkenal hingga mancanegara karena keindahannya yang luar biasa.

Gunung setinggi 2.329 meter di atas permukaan laut (mdpl) juga jadi salah satu spot paling asyik menikmati keindahan sunrise dan Sunset. Keindahan alam Gunung Bromo akan semakin terlihat jelas saat wisatawan mencapai view point tertinggi.

ilustrasi

Di Bromo, ada fasilitas yang tersedia untuk wisatawan seperti kuda dan mobil jeep. Bagi kamu yang gemar memotret, wisata ini juga banyak spot foto dan karena udara di sana dingin, kamu harus bawa baju tebal ya okezoners.

2. Gunung Semeru

Bagi kamu yang menonton film 5cm pasti enggak asing lagi dong sama Gunung ini? Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa yakni 3.676 mdpl. Keindahannya tak perlu diragukan. Puncak tertingginya adalah Mahameru. Ada beberapa jalur untuk mencapai puncaknya.

Mulai dari Ranu Pani yang merupakan peristirahatan pendaki sebelum memasuki track mendaki, lereng bukit, Ranu Kumbolo (yang menjadi surganya pendaki), padang rumput, cemoro kandang, kalimati,arcopodo kemudian 3-4 jam kamu akan langsung sampai di puncak Mahameru.

ilustrasi

Ranu Kumbolo (Okezone)

3. Gunung Ijen

Gunung Ijen berada di Banyuwangi. Salah satu yang menarik pendaki ke gunung berkunjung ke sini adalah keindahan Kawah Ijen yang memiliki fenomena blue fire atau api biru. Dibutuhkan 2,5 jam pendakian untuk sampai ke sana.

4. Gunung Penanggungan

Memiliki ketinggian 1.653 mdpl, Gunung Penanggungan banyak diincar pendaki pemula. Hanya butuh 4 jam pendakian agar sampai ke puncaknya melalui jalur Tami Ajeng.

Di Gunung ini juga terdapat situs candi Hindu–Budha di lerengnya.

5. Gunung Argopuro

Berada di Kabupaten Jember, gunung ini memiliki ketinggian 3.088 mdpl.

ilustrasi

Lereng Gunung Argopuro (Okezone.com/Avirista)

Pemandangan pada jalur menuju puncak sangat memanjakan mata. Gunung ini juga menampilkan living park lake yang dikelilingi oleh tumbuhan rimbun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini