5 Wisata Danau Bernuansa Alam nan Sejuk di Jakarta

Eka Putri Wahyuni, Jurnalis · Jum'at 18 September 2020 13:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 18 408 2279810 5-wisata-danau-bernuansa-alam-nan-sejuk-di-jakarta-8RIuNgV0Jt.jpg Kawasan wisata Setu Babakan di Jakarta Selatan (Foto: Okezone.Com)

JAKARTA merupakan kota metropolitan yang padat, namun tetap memiliki banyak wisata danau yang cantik dan menarik untuk dikunjungi guna melepas penat.

Berkunjung ke sebuah danau merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin berwisata namun tidak menguras kantong, terlebih lagi saat pandemi Covid-19 seperti saat ini pastinya tidak bisa bepergian jauh untuk berwisata.

Maka dari itu tidak perlu khawatir bagi Anda masyarakat Jakarta dan sekitarnya, sebab Jakarta memiliki danau-danau yang indah nan cantik yang memanjakan mata dengan suasana yang sejuk dan menenangkan. Berikut ini beberapa danau di Jakarta yang bisa Anda jadikan tempat wisata.

Danau Srengseng

Seiring menjamurnya pembangunan infrastruktur kota, danau ini cocok menjadi pilihan berwisata danau di Jakarta, selain memiliki ukuran yang cukup luas para wisatawan dapat memancing di sekitar danau di pagi hari ataupun siang hari.

Sesuai namanya, danau ini terletak di Srengseng, Kembangan, Jakarta Barat. Danau ini dikelilingi hutan kota dengan ribuan pohon rindang. Dengan area seluas 15,3 hektar maka bisa sekali dijadikan alternatif keluarga untuk mengisi libur akhir pekan.

Danau Sunter

Di kawasan Utara Jakarta, Anda dapat menikmati indahnya sore hari dengan menaiki perahu di tengah Danau Sunter. Dengan area seluas 15 hektare, Anda bisa menyewa perahu bebek yang telah disediakan pengelola Danau Sunter. Harga sewa untuk satu perahu Rp10 ribu per 30 menit, sedangkan pada libur akhir pekan harga sewa satu perahu Rp10 ribu per 20 menit.

Baca juga: Ritual Potong Rambut Gimbal Menutup Dieng Culture Festival 2020

Penyewaan ini dibuka mulai pukul 07.00-23.00 WIB. Kehadiran perahu bebek di Danau Sunter ini memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Sebab, para pengunjung bisa menikmati sejuknya suasana disertai pemandangan air danau yang begitu menawan. Karenanya, tak heran jika sore hari kawasan ini banyak dikunjungi warga Jakarta dan sekitarnya.

Setu Babakan

Danau yang terletak di Selatan Jakarta ini merupakan salah satu danau yang sangat terkenal di Jakarta dan sekitarnya. Dengan lingkungan alam yang sejuk yang memiliki pepohonan rindang serta aneka tanaman buah dan tanaman hijau yang mengelilingi, maka tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk refreshing.

Setu Babakan juga dimanfaatkan banyak pengunjung untuk memancing di pinggir setu. Selain itu, terdapat wisata sepeda air yang membuat semakin asik untuk berkunjung ke Setu Babakan bersama keluarga atau orang terdekat. Selain itu, karena dekat dengan perkampungan betawi, Anda bisa mencicipi makanan khas betawi di sekitar danau ini, seperti Kerak telur, Toge Goreng, siomay, dan Soto Betawi.

Situ Lembang

Di Jakarta juga terdapat taman dengan danau yang cantik dan menyejukan mata. Meski tempat ini sederhana namun bisa menjadi alternatif wisata singkat di Jakarta yang dekat dan terjangkau. Pada danau tersebut terlihat bunga teratai bermekaran sehingga menjadikan lokasi tersebut terkesan instagramable.

Situ Lembang menjadi salah satu danau Jakarta yang tak boleh dilewatkan. Anda bisa mengajak keluarga, si kecil pasti akan betah berlama-lama disini, sebab terdapat playground yang nyaman.

Waduk Pluit

Waduk Pluit merupakan salah satu danau yang menjadi tempat rekreasi di tengah hiruk-pikuknya Ibu Kota, danau ini terletak di Penjaringan, Jakarta Utara. Saat akhir pekan biasanya terdapat pengunjung yang berjejer menggelar tikar di pinggir danau untuk sekadar piknik.

Dan di sekitar danau ini dibangun taman serta fasilitas lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk sarana rekreasi dan olahraga, Anda bisa melakukan jogging atau bersepeda. Menikmati sore di Waduk Pluit dengan suasana yang asri dan sejuk memiliki kenikmatan tersendiri bagi para pengunjung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini