Nama Keren Sepasang Badak Jawa yang Lahir di TN Ujung Kulon

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 22 September 2020 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 406 2281602 nama-keren-sepasang-badak-jawa-yang-lahir-di-tn-ujung-kulon-6zQVCDoqlc.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MENTERI Lingkungan Hidup dan Kehutanan Situ Nurbaya mengabarkan kelahiran dua anak Badak Jawa di Taman Nasional (TN) Ujung Kulon. Uniknya, kelahiran dua anak Badak Jawa itu bertepatan dengan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2020.

Kelahiran kedua individu baru tersebut dapat diketahui dari hasil monitoring tim Balai TN Ujung Kulon menggunakan video kamera trap. Monitoring dilakukan sejak Maret hingga Agustus 2020, dengan menggunakan 93 video kamera jebak.

"Alhamdulillah bertepatan dengan HKAN, Indonesia menyambut kelahiran dua anak Badak Jawa di TN Ujung Kulon. Masing-masing satu jantan dan satu betina," tutur ujar Menteri Siti, dikutip Okezone dari akun Instagram pribadinya @siti.nurbayabakar, Senin (21/9/2020).

Baca Juga: Berita Baik: Dua Anak Badak Jawa Lahir di Taman Nasional Ujung Kulon

 badak

Lebih lanjut Menteri Siti Nurbaya menjelaskan, bahwa kedua anak Badak Jawa itu juga telah diberi nama. Untuk anak badak jantan diketahui bernama "Luther" dan yang betina bernama "Helen".

Kehadiran individu tersebut, secara tidak langsung menambah jumlah populasi Badak Jawa di TN Ujung Kulon. Hingga Agustus tahun ini, jumlah kumulatif Badak Jawa mencapai 74 individu, masing-masing 40 jantan dan 34 betina, dengan komposisi umur terdiri dari 15 individu anak dan 59 merupakan pada klaster usia remaja-dewasa.

"Kelahiran ini menunjukkan bahwa kondisi habitat Badak Jawa di TN Ujung Kulon terbukti masih baik, yang ditandai dengan perkembangbiakan alami, sehingga memberi harapan besar bagi kelangsungan hidup satwa langka spesies Badak Jawa di Indonesia," tutup Menteri Siti Nurbaya.

 

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini