Bayi Gajah Gemas Lahir di PLG Minas Riau, Menteri Siti: Namanya Rizki

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 22 September 2020 08:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 406 2281610 bayi-gajah-gemas-lahir-di-plg-minas-riau-menteri-siti-namanya-rizki-2uYhl1NwAJ.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SETELAH kelahiran dua anak Badak Jawa, Indonesia kembali mendapatkan berita baik dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Minas di Riau. Pada Jumat, 18 September 2020 sekira pukul 03.00 WIB, telah lahir seekor anak Gajah Sumatera.

Kelahiran ini merupakan kelahiran anak gajah binaan Balai Besar KSDA Riau kedua di 2020. Setelah sebelumnya lahir seekor anak gajah jantan di TWA Buluh Cina pada Jumat, 3 Juli 2020 yang diberi nama Damar, dari indukan bernama Ngatini dengan pejantan bernama Robin.

Mengutip akun Instagram resmi @bbksda_riau, sejak berita kelahiran itu diketahui pihak BBKSDA Riau, tim medis yang dikoordinir drh. Rini Deswita langsung menuju PLG Minas untuk melakukan pengecekan kesehatan baik induk maupun bayi gajah tersebut.

Baca Juga: Nama Keren Sepasang Badak Jawa yang Lahir di TN Ujung Kulon

gajah

(Foto: Ilustrasi/Freepik)

Setelah melakukan pengecekan kesehatan, tim memberikan asupan multivitamin dan penguat otot melalui infus, serta antibiotik kepada induk gajah yang bernama Nia.

"Nia adalah seekor gajah yang berhasil dievakuasi dari Desa Tapung (Petapahan) Kampar pada 14 Juli 2006 karena terkena jerat cukup parah di kaki sebelah kanan depan. Saat ini umur Nia berkisar 20 tahun," tulis keterangan BBKSD Riau.

Adapun bayi yang dilahirkan Nia, berjenis kelamin betina dengan estimasi berat badan berdasarkan lingkar badan dan tinggi bahu berkisar 81 kg. Baik Nia dan anak yang dilahirkannya dalam kondisi sehat.

Kepala Balai Besar KSDA Riau Suharyono sangat antusias menyambut kelahiran bayi gajah yang telah berada dalam kandungan induknya, selama kurang lebih 22 bulan. Suharyono juga segera menyampaikan kabar gembira tersebut kepada Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar.

"Saya mendapat kabar kelahiran anak gajah binaan PLG Minas, atas nama Nia, yang baru saja melahirkan anak gajah berjenis kelamin betina yang diberi nama Rizki," tutur Menteri Siti Nurbaya dikutip dari akun Instagram pribadinya.

gajah

Kabar baik ini, lanjut Siti, memperkuat optimisme serta semangat terutama dalam situasi sulit masa pandemi. Dia mengatakan bahwa selama pandemi, seluruh petugas lapangan memang tetap bekerja patroli dan kegiatan melindungi kawasan Konservasi termasuk satwa liar.

Selain itu, pemerintah juga dilaporkan telah mengalokasikan sekitar Rp4 triliun, untuk rehabilitasi lahan dan konservasi, khususnya di Taman Nasional. Ini guna memastikan tidak terjadinya kepunahan satwa-satwa kunci seperti badak, gajah, orangutan, harimau, komodo, dan flagship species lainnya.

"Bersama kita menjaga dan mencintai satwa, bersama kita menjaga Indonesia," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini