Batu Terbesar di Sragen Ini Tempat Bertapa Pangeran Diponegoro

Selasa 22 September 2020 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 22 408 2281692 batu-terbesar-di-sragen-ini-tempat-bertapa-pangeran-diponegoro-4ICpAAkR57.jpg Watu Suye di Sungai Cemoro, Dukuh Ngrukun, Kricilan, Kalijambe, Sragen (Dok Jumanto/Solopos)

TIM Ekspedisi komunitas Moro Gendeng, Tilik Ibu Pertiwi (TIP) dan Sedulur Jagat Sukowati (Sejati) menemukan batu raksasa di Sungai Cemoro. Dukuh Ngrukun, Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, pekan lalu.

Batu ini diklaim yang terbesar di Sragen. Batu dinamakan Watu Suye ini diyakini pernah jadi tempat berapa Pangerang Diponegoro.

Baca juga: Bayi Gajah Gemas Lahir di PLG Minas Riau, Menteri Siti: Namanya Rizki

Selain batu raksasa, tim dalam ekspedisinya juga mengungkapkan fakta terkait gua di tebing kali.

"Watu Suye itu berjarak sekitar 1 km dari lokasi gua yang berada di tebing Sungai Cemoro. Watu itu berukuran sangat besar, mungkin yang terbesar di Sragen," ujar seorang peserta ekspedisi dari Komunitas Moro Gendeng, Jumanto seperti dikutip dari Solopos.com, Selasa (22/9/2020).

Para peserta ekspedisi susur Sungai Cemoro itu sempat berswafoto sambil berdiri di atas Watu Suye yang berdiameter sekitar 6-7 meter dan tingginya 3 meter.

Dalam cerita rakyat disebutkan Watu Suye itu pernah menjadi tempat bertapa Pangeran Diponegoro.

"Watu Suye memang ada. Tapi kalau jadi tempat pertapaan Pangeran Diponegoro, saya baru dengar ini. Saya belum paham (mengenai cerita rakyat seputar Watu Suye)," kata Kepala Desa Krikilan, Sragen, Widodo.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini