Liburan ke Bali, Ashanty dan Aurel Jajal Masak Sate Gurita

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 301 2282855 liburan-ke-bali-ashanty-dan-aurel-jajal-masak-sate-gurita-GXnye7ALkg.jpg Ashanty dan Aurel. (Foto: YouTube The Hermansyah A6))

ASHANTY dan Aurel membagikan momen spesial saat sedang berada di Bali. Mereka menjajal serunya masak makanan khas Bali yang menggiurkan.

Melalui unggahan video di akun YouTube “The Hermansyah A6”, Ashanty dan Aurel memasak sate gurita bumbu tamarin. Atau biasa dikenal dengan sate serapah khas Bali.

Hidangan yang sekilas mirip sate Padang ini merupakan makanan yang cukup terkenal, khusunya di daerah Karang Asam. Ashanty dan Aurel pun membuat makanan ditemani oleh Chef Wangi dan Chef Ida Bagus.

 sate

Dapur mini untuk memasak sate serapah itu berlatar pemandangan pantai, dengan suasana malam yang dingin dan suara ombak bersahutan. Aurel dan Ashanty memasak pun jadi makin semangat masak.

Baca Juga: Shandy Aulia Berbikini Gendong Baby Claire di Bali, Netizen: Parah Mulusnya

Ashanty dan Aurel pun mengenali berbagai macam bumbu untuk membuat sate serapah itu. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah asam Jawa atau asam Bali, terasi, gula bali/aren, lemon, jeruk limau, cabe rawit dan daun jeruk limau.

Cara membuatnya campur asam dengan air dan larutkan. Kemudian haluskan semua bumbu.

Setelah itu, gurita direbus dan dikasih garam supaya daging lebih empuk. Gurita ini juga bisa diganti dengan cumi atau sejenisnya, tergantung selera Okezoners.

Setelah semua bumbu yang sudah dihaluskan tadi kemudian dipindahkan ke dalam wadah. Aurel pun tergoda oleh aroma sate yang khas banget.

"Baunya yaa hmmm harum sekali” ucap Aurel.

 

Dalam wadah tersebut diberi perasan lemon dan potongan daun limau, tambahkan minyak kelapa dan aduk sampai merata. Lalu gurita yang sudah direbus tadi dipotong-potong seukuran dadu dan dilumuri dengan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Aduk potongan gurita agar bumbu meresap setelah itu tusuk potongan gurita tersebut lalu ditusuk menyerupai sate.

Sekarang saatnya membuat saus dengan bumbu serapah. Bahannya ada terasi, tepung terigu sebagai pengental, bawang merah dan bawang putih, jahe, lengkuas, kencur, cabe merah besar dan kecil, kemiri, kunyit, sereh dan daun salam.

Potong-potong bahan bumbu tadi, kemudian diulek semua sampai halus. Membuat bumbu serapah harus sedikit pedas tergantung selera.

Setelah itu, panaskan minyak goreng kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, masukkan serai dan aduk hingga merata sampai tercium bau harum.

Sambil menunggu bumbu dan saus matang, sate yang sudah diberi bumbu marinate tadi kemudian ditusuk lalu dibakar. Bakar sate gurita sampai matang selama 7 menit.

 sate

Kembali lagi ke pembuatan saus, kecilkan api dan masukkan terigu untuk membuat tekstur bumbu agak mengental kemudian diaduk supaya tidak hangus. Masukkan garam dan lada secukupnya.

Setelah semuanya telah selesai dan matang. Plating sate yang sudah dibakar ke dalam wadah sesuai keinginan. Tambahkan nasi merah dan putih tergantung selera. Masukkan bumbunya atau saus yang sudah jadi ke dalam mangkok. Sate serapah siap dihidangkan dan disantap.

"Rasanya tuh enak banget," ucap Ashanty. “Bumbunya enak banget, berasa banget rempah-rempahnya, endol,” kata Aurel dan Ashanty berbarengan.

"Seperti sate Padang, tapi ini sate serapah ala Bali Karangasem," tutup Ashanty.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini