3 Tempat Wisata Eksotis di Bima, Pesonannya Mirip Raja Ampat dan Ubud

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Kamis 24 September 2020 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 24 408 2282955 3-tempat-wisata-eksotis-di-bima-pesonannya-mirip-raja-ampat-dan-ubud-Gp0Mrd7c7S.jpg Pulau Kelapa, Bima, Nusa Tenggara Barat (Instagram @bppdntb)

KOTA Bima yang terletak di bagian timur Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki pemandangan alam yang indah. Banyak spot wisata memanjakan mata di sini.

"Bima ini potensinya di antara beberapa pulau yang di seberang timurnya ada Labuan Bajo, Flores, Sumba. Sedangkan di sebelah baratnya ada Lombok sama Pulau Bali," kata penggiat wisata Bima, Firna Fajrin saat live Instagram di Sindo News beberapa waktu lalu.

Berikut 3 tempat wisata eksotis di Bima :

1. Pulau Kelapa

Pulau yang mempunyai pemandangan mirip dengan Raja Ampat ini terletak di Perairan Sape, Desa Nggelu, Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Kondisi Pulau Kelapa sangatlah cantik dan bersih karena masih jarang wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Spot paling menarik ada di bukit Pulau Kelapa, karena dari sana Anda bisa melihat pemandangan laut dan pegunungan yang berjajar di dekatnya tetapi pantainya tak kalah indah karena pasir putih terhampar luas disana.

Baca juga:  4 Tips Traveling Ramah Lingkungan, Salah Satunya Hindari Penggunaan Plastik

Hatim Isbats, (21), salah satu pengunjung yang tinggal di daerah Bima mengatakan bahwa akses untuk menuju tempat ini sangat jauh dari pusat kota.

"Butuh waktu sekitar tiga jam untuk sampai Desa Lambu. Kemudian menyeberang dengan kapal nelayan atau speed boat selama satu jam. Dan mendaki bukit sekitar setengah jam."

"Kalau sudah di atas bukit, anginnya kencang. Rasa lelah yang ada hilang karena terbayarkan oleh pemandangan alamnya yang cantik, bisa foto - foto dengan background luar biasa. Kalau cuaca cerah, siap - siap topi dan sun screen karena disana jarang ada pohon, jadi terasa panas," tambahnya.

2. Pantai Pink

Selain di Flores, Lombok, dan Labuan Bajo, Bima juga memiliki Pantai Pink yang tak kalah indah. Dikatakan pantai pink karena warna pasirnya merah muda, bahkan lebih baik warna dan pemandangannya dari yang ada di Lombok. Lokasinya pun berdekatan dengan Pulau Kelapa, sehingga jika Anda ingin mampir ke pantai ini tidak memerlukan waktu lama.

 ilustrasi

Pantai Pink Bima (IG @muftiehidayat)

Hatim Isbats mengatakan bahwa dari pusat kota Bima, berjarak sekitar 60 kilometer dan untuk mencapai lokasi ini Anda harus naik perahu dari Desa Lambu dengan biaya pulang pergi sekitar Rp100 - 150 ribu per orang dengan rute Pantai Pink dan Pulau Kelapa.

Selama perjalanan, Anda tidak akan merasa bosan karena pemandangan disekitarnya sangat menakjubkan. Di waktu pagi dan sore hari, warna merah muda yang berada disini semakin terlihat dengan jelas.

3. Diwu Wau

Dikenal sebagai Ubud khas Bima, Diwu Wau merupakan tempat hamparan terasering luas disertai pohon kelapa yang mengitarinya. Lokasinya terletak di Desa Maria Utara, Kecamatan Wawo, Nusa Tenggara Barat.

Mengutip dari laman Lengge Wawo, untuk pergi kesana membutuhkan waktu sekitar 90 menit dari pusat kota Bima dan dari jalan umum Kecamatan Wawu, Anda butuh 40 menit untuk sampai bukit Diwu Wau.

 ilustrasi

Diwu Wau (IG @vion_revolusi)

Biaya masuk area persawahan ini hanya lima ribu rupiah saja per orangnya dan sudah termasuk parkir motor. Spot foto pertama di tempat ini adalah pohon kelapa yang tumbang dan membentang diantara persawahan. Kedua adalah di atas jembatan rakitan bambu yang langsung menghadap ke perbukitan tambang emas.

"Untuk mendapatkan spot terbaik, harus pergi ke area persawahannya dengan hati - hati. Jalanannya agak sulit karena harus menuruni dan menaiki area teraseringnya," ujar Aris yang dikutip dari Youtube Aries Senang Jalan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini