10 Tips Solo Travelling untuk Orang Introvert

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 301 2283620 10-tips-solo-travelling-untuk-orang-introvet-uziJ7cERw7.jpg ilustrasi (stutterstock)

ORANG introvert dikenal dengan sikapnya cenderung pendiam, tenang dan suka menyendiri. Tapi, untuk melakukan perjalanan sendiri atau solo travelling, bukan masalah bagi orang introvert.

Ada beberapa cara atau teknik yang bisa dilakukan untuk membantu melewati kecenderungan suka menyendiri, sehingga mendapatkan pengalaman sosial yang berharga dan lebih terbuka kepada orang lain.

Perjalanan solo memang cocok untuk seorang introvert karena membutuhkan waktu tenang untuk merenung dan menyegarkan diri. Waktu untuk diri sendiri adalah bagian alami dari pengalaman perjalanan solo traveler. Tapi seorang introvert juga butuh ditemani orang lain, untuk bersosialisasi dan bertemu orang baru.

Baca juga: Traveling Asyik dengan Bujet Minimalis

Janice Wough, seseorang yang dulunya introvert sekaligus solo traveler membagikan pengalaman ketika ia melakukan perjalanan seorang diri ke beberapa negara di dunia.

“Tampaknya para introvert juga sering ragu untuk bersolo karier. Mereka khawatir karena terlalu sendirian,” ujarnya.

Perjalanan sendiri juga bisa membantu kita untuk belajar dan mempraktikkan keterampilan yang belum tentu alami bagi kita.

“Baru setelah saya bepergian sendirian, saya menemukan bahwa saya telah mengambil beberapa sifat dari almarhum suami saya yang seorang ekstrovert,” tulis Janice dalam sebuah artikel seperti dilansir dari Solo Traveler World, Jumat (25/9/2020.

Janice telah mengembangkan keterampilan yang ada dalam dirinya untuk membantu bersosialisasi dengan orang baru yang sebelumnya tidak ia kenal.

“Semakin sering saya bepergian sendirian, semakin baik saya dalam membiasakan diri untuk terbuka kepada orang lain.”

ilustrasi

Sebagai seorang introvert, tentu anda tidak ingin selalu berada dalam situasi sosial sepanjang waktu.

Janice Wough membagikan 10 tips untuk seorang introvert melakukan perjalanan sendiri dan membiasakan diri terbuka kepada orang lain.

Pesan Akomodasi yang Sesuai dengan Keinginan Anda

Tidak sulit untuk memesan akomodasi untuk diri sendiri, tetapi untuk memesan tempat menginap yang dapat memperkenalkan anda kepada orang lain membutuhkan sedikit pemikiran dan keterbukaan. Seberapa sering pertemuan dengan orang disekitar yang anda inginkan?

Cobalah perjalanan santai

Jika Anda menginap di losmen atau hostel yang sama selama seminggu dan bukan hanya dalam beberapa hari, anda akan menemukan diri untuk membiasakan bertemu dengan orang baru secara terus menerus dan berulang di tempat yang sama.

Orang secara alami akan memulai pembicaraan dengan anda. Mereka akan penasaran tentang diri anda, perjalanan anda, apa yang dilakukan hari itu, dan apa yang direncanakan anda untuk hari berikutnya. Itu dapat membuat obrolan yang menyenangkan dan santai selama beberapa waktu kedepan atau bahkan anda mendapatkan teman baru untuk perjalanan selanjutnya.

Belajar berkomunikasi dengan orang asing

Ini bisa sangat sulit bagi orang yang introvert tetapi itu mungkin saja terjadi. Kita bisa memulai pembicaraan yang sederhana seperti “bagaimana perjalanan anda hari ini?”

Biasakanlah diri anda untuk bertegur sapa kepada orang lain dan memulai pembicaraan yang ringan.

Berilah kesan hangat

Memulai percakapan atau komunikasi dengan orang baru tentu sangat sulit buat seorang introvert. Tapi anda bisa memulai dengan sambutan yang hangat. Beri kesan pada diri anda bahwa anda adalah orang yang menarik.

Ikuti beberapa kursus

Ikuti beberapa kelas yang tersedia. Seperti kelas memasak, bahasa, atau seni yang akan menempatkan diri Anda dalam situasi sosial yang baru. Setiap orang yang hadir akan memiliki minat yang sama sehingga anda akan memiliki kesamaan dengan mereka dan membuat percakapan menjadi mudah.

Bergabunglah dengan pertemuan, walau hanya sehari

“Saya anggota meetup.com tapi saya tidak menggunakannya aplikasi itu ketika sedang berada di rumah. Ketika saya pergi ke beberapa kota, saya membiasakan diri untuk bersosialisasi dengan masyarakat sekitar dan mencari tahu agenda/acara apa yang akan terjadi di kota itu dan memilih untuk bergabung dengan satu atau dua kegiatan yang menarik minat saya,” ujar Jenice Wough

Bergabung dengan 5W

Ini adalah komunitas internasional yang terdiri dari 2.400 wanita di lebih dari 80 negara. Mereka sebagian besar adalah wanita berusia di atas 60 tahun yang ingin dan lebih sering bepergian serta bertemu dengan penduduk setempat. Jadi mereka saling menjamu untuk minum teh atau menginap saat bepergian.

Ikuti tur singkat

Tur sehari, setengah hari atau seharian penuh adalah cara yang bagus untuk mendapatkan sedikit waktu sosial untuk bertemu orang lain. Tetapi Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan tur singkat beberapa hari di awal perjalanan Anda.

Selain menempatkan Anda dalam situasi dan lingkungan sosial yang baru, ini juga dapat menawarkan pengenalan ke tujuan baru. Ikuti tur singkat untuk mempelajari cara menjelajahi negara/kota, budaya, serta mata uangnya. Ini akan memberi anda kepercayaan diri untuk menghabiskan lebih banyak waktu di sana.

Manfaatkan lobi, ruang pertemuan atau lounge

Jangan menyibukkan diri sendiri. Perhatikan lingkungan di sekitar anda. Mulailah mengobrol dengan orang sekitar dan pada akhirnya akan terjadi sesuatu yang akan memulai dan membuka percakapan anda dengan orang lain.

Ulangi

Jika Anda tinggal di satu tempat untuk sementara waktu, pergilah ke kedai kopi, toko grosir, atau restoran yang sama secara konsisten. Anda akan lebih dikenal oleh orang sekitar dan orang-orang tersebut pada akhirnya akan mengobrol dengan Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini