Hati-Hati, Buang Sampah Sembarangan di Tempat Ini Denda Rp240 Juta

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Jum'at 25 September 2020 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 25 406 2283467 hati-hati-buang-sampah-sembarangan-di-tempat-ini-denda-rp240-juta-dt5LMKarjn.JPG Sampah yang dibuang sembarangan akan dikirim kembali ke pemiliknya (Foto: Unilad)

KEBERSIHAN ialah hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang. Di manapun dan kapanpun hal yang satu ini wajib dijaga. Saat berwisata ke suatu tempat pasti tak luput dari sampah, maka harus diperhatikan untuk tidak membuangnya sembarangan.

Wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Khao Yai, Thailand dan membuang sampah sembarangan akan didenda dan sampahnya dikirim kembali ke rumahnya.

Kementerian Lingkungan Thailand membenarkan bahwa pihak Taman Nasional Khao Yai akan mengirim kembali sampah yang dibuang oleh wisatawan yang berani buang sampah sembarangan.

Melalui laman Facebooknya, Menteri Lingkungan Thailand, Varawut Silpha Archa membagikan foto-foto tempat sampah yang akan dikirim kembali kepada para pelanggar kebersihan ini.

Baca juga: Onsu Family Makan Kepiting Rp28 Juta, Bertrand Peto: Gila Parah Banget!

Sampah Wisatawan di Thailand

(Foto: Unilad)

"Sampah yang wisatawan tinggalkan di taman sekarang sudah dibungkus dalam kotak dan siap dikirim kepada tuan rumah. Pemilik sampah sudah mengadukan kepada polisi. Saya ulangi, meninggalkan sampah di taman adalah pelanggaran. Mari ubah perilaku secara sadar untuk menjadi normal. Tetap bersih, selamatkan lingkungan karena mulai sekarang, kami akan mengambil tindakan hukum yang tegas," kata Varawut melansir laman Unilad, Jumat (25/9/2020).

Ditegaskan kembali bahwa mereka yang melanggar peraturan taman dan merusak lingkungan sekitarnya bakal menghadapi hukuman lima tahun penjara dan atau denda setara Rp240 juta.

"Orang-orang yang memasuki area taman harus mematuhi perintah penjaga. Pejabat yang telah memerintahkan untuk mengikuti aturan komisaris agar mematuhi peraturan dari Departemen Taman Nasional, Satwa Liar, dan Jenis Tanaman yang masuk ke dalam Taman Nasional," tegas dia.

Lebih lanjut ia menekankan bahwa sanksi ini diberlakukan agar menyadarkan semua orang bahwa kesehatan lingkungan harus dijaga. Nah, semoga ide brilian ini bisa diterapkan juga di Indonesia ya!

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini