Dihiasi Mural, Taman Sari Yogyakarta Makin Cantik

Sabtu 26 September 2020 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 26 406 2284128 dihiasi-mural-taman-sari-yogyakarta-makin-cantik-vdQJ2YvEqa.jpg Wajah baru Taman Sari Yogyakarta. (Foto: iNews)

OBJEK wisata Taman Sari Yogyakarta kini tampil dengan nuansa baru. Anda akan melihat banyak mural saat berkunjung ke bekas pemandian keluarga Sultan.

Mural-mural itu terdapat di gang masuk yang ada di selatan bangunan. Pembuatan mural ini melibatkan 30 seniman lukis dari berbagai daerah di Indonesia.

Bahkan ada juga yang berasal dari luar negeri. Mereka berekspresi menuangkan ide dan kreativitas membuat lukisan di tembok hingga di rumah warga.

“Ada 30 seniman yang terlibat mereka membuat mural di dinding rumah warga, gedung hingga tembok pembatas Kampung Taman,” kata Ketua Panitia Mural Kampung Taman, Bakti Wibawa Jumat 25 September 2020 dilansir Okezone dari iNews.id.

Baca Juga: Pantai Goa Pathuk Ilang, Pesona Tersembunyi di Pelosok Malang

mual

Kegiatan pembuatan mural ini mendapat dukungan dari beberapa seniman dari luar negeri, di antaranya dari Jepang, Finlandia, Serbia, hingga Yunani. Bahkan, sejumlah seniman fotografi, sastra dan sinematografi ikut mendukung kegiatan ini.

“Ini merupakan kegiatan tahunan, sekaligus mengisi kegiatan di Tamansari saat pandemi Covid-19,” katanya.

 

Mural yang diangkat dalam kegiatan bertema Pelestarian Situs Tamansari dan Lingkungan Budayanya ini, cukup beragam. Mulai dari kritik sosial, wayang, sejarah dan budaya sampai dengan cerita terkait Tamansari sendiri. Tidak sedikit yang menceritakan kondisi Covid-19.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengapresiasi kegiatan sebagai bagian dari inovasi di dunia pariwisata. Keberadaan mural ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang ke objek wisata Taman Sari.

“Ini akan menjadi daya tarik, semoga menjadi kawasan yang terintegrasi,” kata Heroe.

Seorang seniman dari Jepang Minami Kitabayashi mengaku senang bisa ikut dalam pembuatan mural ini. Apalagi lokasi ini sangat kental dengan cerita sejarah dan cukup terkenal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini