Liburan ke Flores, Traveler Harus Coba Moke

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 28 September 2020 11:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 301 2284782 liburan-ke-flores-traveler-harus-coba-moke-RceRc8pEXA.jpeg Moke, minuman khas Flores (Instagram @boplbf)

WARGA Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) punya minuman unik yang diklaim ampuh meningkatkan imunitas tubuh dan bagus buat vitalitas. Namanya moke.

Mengutip Instagram Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores @boplbf, Senin (28/9/2020), moke merupakan minuman tradisonal Flores yang mengandung alkohol. Teknik pengolahannya melalui penyulingan buah dan bunga pohon lontar maupun enau.

Baca juga:  5 Tempat Wisata Kuliner Paling Hits di Makassar

Proses pembuatan moke sangat tradisional. Warga Flores biasanya menggunakan wadah-wadah seperti periuk tanah untuk memasak.

"Pembuatannya juga dilakukan di kebun-kebun warga," tulis akun BOPLBF.

Nah, dari proses penyulingan ini, ternyata menghasilkan aroma yang khas dan cita rasa unik. Perpaduan rasa asam dan pahit akan terasa saat Anda menyesap moke.

 

Sebetulnya, moke bisa dicampurkan bahan-bahan lain untuk memperkaya cita rasanya. Namun, warga Flores lebih menyukai rasa original tanpa dicampur bahan lain.

"Kalaupun ada campuran, mereka hanya menambahkan ginseng, akar-akaran dan paria untuk direndam dalam botol," tambah akun BOPLBF.

Perlu diketahui pula bahwa minuman kebanggaan warga Flores ini memiliki kandungan alkohol yang bisa memabukkan. Tetapi bila diminum dalam porsi yang pas, moke digadang-gadang dapat meningkatkan sistem imunitas dan vitalitas tubuh.

Selain itu, moke kualitas terbaik hanya disajikan di acara-acara adat seperti pesta pernikahan. Moke biasanya dijadikan sebagai pendamping hidangan utama bersama sirih dan pinang.

"Sangat mudah untuk mendapatkan dan menikmati moke di Flores. Setiap pedagang di seluruh penjuru kota hampir pasti menjualnya," tandas BOPLBF.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini