Share

Yeay, Naik Gunung Prau Kini Enggak Perlu Bawa Surat Rapid Test

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Senin 28 September 2020 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 406 2284760 yeay-naik-gunung-prau-kini-enggak-perlu-bawa-surat-rapid-test-isdIz53IFS.jpg Gunung Prau. (Foto: Darajat Muhammad)

SEBELUMNYA, surat rapid test menjadi salah satu syarat yang harus dibawa para pendaki saat mengunjungi Gunung Prau. Mulai Senin (28/9/2020), surat rapid test tersebut tak lagi diperlukan saat naik Gunung Prau loh.

Sebelum pandemi Covid-19, Gunung Prau menjadi favorit bagi kalangan pendaki, karena waktu tempuh yang tidak terlalu lama dan memang cocok untuk pendaki pemula. Saat pandemi Covid-19, Gunung Prau sempat menutup jalur pendakian dan akhirnya membolehkan para pendaki naik gunung dengan membawa surat rapid test.

Kabar baiknya, dilansir Okezone dari laman Instagram @mountnesia, kini mendaki Gunung Prau tak perlu lagi membawa surat rapid test. Hal ini pun membuat para pendaki tak merasa kerepotan saat naik gunung berketinggian 2590 mdpl.

Baca Juga: Mau Gowes di Solo? Ini 3 Rute Bersepeda yang Asyik

prau

"UPDATE: SEMUA JALUR BISA TANPA RAPID TEST. Mendaki ke Gn. Prau gak perlu pakai rapid test lagi selengkapnya di slide foto," isi caption @mountnesia.

Adapun jalur yang membolehkan untuk tidak rapid test adalah di wilayah Wonosobo antara lain jalur Patakbanteng, Dieng Wetan, Kalilembu, Igirmranak. Asyik kan?

 

Aturan baru ini digagas oleh Sekretariat Daerah Pemerintah Kabupaten Wonosobo. Dalam Peraturan Bupati Wonosobo No.38 Tahun 2020 disebutkan bahwa semua pengelola usaha pariwisata agar mengetatkan kembali penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan usaha pariwisata yang dilakukan sesuai ketentuan.

Artinya, meski pendaki tidak diwajibkan melakukan rapid test terlebih dahulu, namun tetap harus mentaati dan berperan aktif untuk bersama-sama melakukan penanganan pencegahan penyebaran virus corona. Seperti menjaga jarak, rajin mencuci tangan serta tidak berkerumun dalam jumlah banyak.

Di samping itu, Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia juga mengeluarkan surat edaran perihal pemberitahuan pembukaan jalur pendakian dalam masa uji coba tahap 4. Dalam surat ini disebutkan bahwa para pendaki tak perlu membawa surat rapid test per 28 September 2020.

“Berdasarkan hasil rapat Forum Koordinasi Gunung Prau Indonesia (FKPI) menyepakati bahwa seluruh basecamp pendakian gunung prau Kabupaten Wonosobo dibuka untuk umum TANPA RAPID TEST pada 28 September 2020 dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dan peraturan yang sudah ditentukan," bunyi keterangannya.

Jadi bagaimana Okezoners, apakah Anda sudah merencanakan waktu untuk bisa kembali mendaki Gunung Prau ini?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini