Pandemi Covid-19 Sebabkan Atraksi Robot Gundam 18 Meter Tertunda

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Senin 28 September 2020 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 406 2285087 pandemi-covid-19-sebabkan-atraksi-robot-gundam-18-meter-tertunda-8J7oefEcy9.jpg Gundam Raksasa. (Foto: Twitter/Catsuka)

APA jadinya jika robot setinggi 18 meter dapat bergerak dan menyerang manusia? Ya, inilah RX-78, robot gundam raksasa pertama yang dapat bergerak sendiri tanpa bantuan manusia.

Pembangunan robot dimulai sejak Januari dan setelah melakukan berbagai upaya pada bulan ini, akhirnya robot itu dapat bergerak tanpa bantuan. Dilansir Okezone dari laman Unilad pada Senin, (28/9/2020), kreasi robot ini dibangun di Yokohama, Tokyo Selatan.

Baca Juga: Hari Pariwisata Sedunia, Inilah 4 Desa Wisata Paling Asri di Indonesia

 gundam

Robot raksasa ini terinspirasi dari Gundam yang diperkenalkan sejak 1979 di seri anime Yoshiyuki Tomino dan Sunrise Mobile Suit Gundam. Beratnya 25 ton dengan masing-masing tangan sepanjang 6,5 kaki dan berat 680 kilogram.

Setelah sebulan bekerja, sekarang RX-78 Gundam dapat berdiri, berlutut, memutar kepalanya, dan menunjuk ke langit. Robot ini bergerak dengan sengaja dan pelan, dengan kendali tubuhnya yang sempurna.

Wisatawan dapat melihatnya di taman hiburan Pabrik Gundam yang telah dijadwalkan pada Oktober. Tetapi ditunda sampai batas waktu yang belum ditentukan karena pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung.

Namun sekarang Gundam model RX-78 tetap ada di Pelabuhan Yokohama, yang menjadi tempat penyimpanannya selama setahun.

"Keputusan dibuat untuk memastikan kesehatan dan keamanan karyawan, serta penggemar sebagai tanggapan atas penyebaran Covid-19 di seluruh dunia. Kami meminta maaf kepada penggemar yang menantikan grand opening dan kami mohon pengertiannya. Sementara itu, kami akan membuat persiapan jadi penggemar dapat menikmati dengan aman," tulis pernyataan pabrik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini