Pesona Umluj, Maladewanya Arab Saudi

Putri Aliya Syahidah, Jurnalis · Senin 28 September 2020 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 28 408 2285109 pesona-umluj-maladewanya-arab-saudi-cDIXDmXAHs.jpg Pesona Umluj, Arab Saudi (Courtesy media sosial/Arab News)

BANYAK orang mungkin tak membayangkan bahwa Arab Saudi juga punya pantai cantik dengan pasir putih yang tenang, perairan biru tua dan terumbu karang. Namanya Pantai Umluj.

Pantai Laut Merah ini menjadi tujuan wisata paling hits musim panas ini. Permata tersembunyi Umluj mendapat pengakuan luas sebagai destinasi wisata bagi turis lokal di tengah ditangguhkan penerbangan internasional akibat Covid-19.

Baca juga: Berwisata di Chinatown Singapura, Ini 5 Hal Bisa Anda Dilakukan

Khalid Khayat, pemilik kamp Royal Tours di Umluj mengatakan bahwa kawasan itu sebenarnya sudah lama dikenal sebagai salah satu pantai terbaik di Arab Saudi, namun baru saat Putra Mahkota Mohammed bin Salman berkunjung dan mengumumkan Laut Merah. Proyek itu mendapat pengakuan global.

“Ada 99 pulau dengan pantai berpasir yang indah. Orang-orang menyebutnya Maladewa Saudi, ” kata Khayat seperti dilansir dari Arab News, Senin (28/9/2020).

Aalia Fathima (29) yang mengunjungi Umluj bersama suaminya takjub dengan keindahan pantai ini.

“Kami telah mencari tempat berbeda di Arab Saudi untuk dikunjungi pada hari raya Idul Fitri, dan kami menemukan Umluj. Saya hampir tidak bisa menyembunyikan betapa senangnya saya melihat lokasi! Pasirnya lembut seperti kapas, dan airnya jernih," katanya.

“Ada begitu banyak spesies kepiting dan cangkang indah yang tersebar di pantai. Kami sangat menikmatinya. ”

Selain terpesona dengan keindahan alam situs tersebut, Fathima terkesan dengan kebaikan masyarakat setempat.

“Berada di sini, jauh dari kebisingan kota besar, sangat menyenangkan,” katanya.

Khayat mengatakan, sejak diumumkannya Proyek Laut Merah, jumlah pengunjung Ulmuj meningkat dari ratusan menjadi ribuan per minggu. Royal Tours menerima 40 hingga 45 tamu setiap hari.

Dia mengatakan jumlah pengunjung internasional terkadang melebihi jumlah pengunjung Saudi, dengan beberapa melakukan perjalanan dari ujung dunia hanya untuk mengunjungi situs gunung berapi di Umluj.

“Saya menerima orang sekitar sembilan bulan lalu yang datang jauh-jauh dari New York ke bandara Jeddah. Mereka menunggu beberapa jam dan terbang ke Yanbu, lalu berkendara ke Umluj hanya untuk melihat gunung berapi,” ujar Khayat.

“Salah satunya adalah seorang wanita dari AS yang belum pernah ke Arab Saudi sebelumnya. Dia mendapat visa turis hanya untuk datang ke Umluj.”

Paris Verra (25) warga asal Amerika Serikat yang telah menjadi penduduk di Arab Saudi selama hampir dua tahun dan telah ke Umluj dua kali.

“Saya terus melihat foto Umluj dan mendengar orang mengatakan itu tampak seperti Maladewa. Saya sangat penasaran untuk melihat seperti apa secara langsung," kata Verra.

"Saya kenal beberapa teman yang pergi ke sana, jadi pada menit terakhir saya memutuskan untuk pergi, dan saya tidak percaya bahwa air ini ada di Arab Saudi, " ujar dia.

“Saya terkejut betapa tak tersentuh tempat ini. Saya telah berkeliling dunia, dan sangat sulit untuk menemukan tempat yang begitu murni dan belum rusak. Umluj memiliki terumbu karang terindah yang pernah saya lihat."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini