Icip Kuliner Solo, Ussy Sulistiawaty Tak Lupa Mampir ke Tengkleng Langganan Pak Jokowi

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 301 2285404 icip-kuliner-solo-ussy-sulistiawaty-tak-lupa-mampir-ke-tengkleng-langganan-pak-jokowi-awog8mtw0m.jpg Ussy Sulistiawaty. (Foto: Instagram/@ussypratama)

USSY Sulistiawaty pernah mengunjungi Kota Solo dan mencicipi kulinernya. Ia pun menjajal sederet kuliner Solo favorit Presiden Joko Widodo (Jokowi) loh.

Kota Surakarta, nama lain Solo memang terkenal dengan banyak destinasi kuliner legendaris yang sekaligus memanjakan lidah. Karena itu, Ussy Sulistiawaty taku mau melewatkan icip-icip kuliner Solo yang enak dan murah.

Mulai dari kuliner kaki lima hingga kuliner legendaris di Solo wajib banget dicoba. Ussy Sulistiawaty juga mengaku jatuh hati dengan makanan dari kota yang terkenal dengan Sungai Bengawan Solo ini.

Kira-kira istri Andhika Pratama berkunjung ke mana saja ya? Dilansir Okezone dari akun YouTube Ussy Andhika Official, berikut ulasannya.

Wedang Ronde Kalitan

ussy

Hidangan kuliner satu ini mirip dengan sajian sekoteng yang ada di Jakarta. Wedang Ronde merupakan salah satu sajian khas yang bisa Okezoners temukan di Solo. Cocok disantap dan bagus untuk menghangatkan badan.

Disajikan dalam mangkuk, ronde ini berisi kacang tanah, kolang-kaling, ronde, roti dan lainnya. Lalu disiram dengan air jahe yang membuat badan hangat serta stamina yang kembali pulih.

“Kalau di Jakarta ini mirip-mirip sekoteng, hhmm enak nih,” ujar Ussy.

Baca Juga: Ini Loh 3 Kafe Kereta Api Instagramable di Indonesia

Nasi Liwet Yu Djambul

 nasi liwet

Setelah menikmati hidangan hangat wedang ronde, Ussy mencoba kulineran malam lagi di sekitar hotel tempat ia menginap. Nasi liwet Yu Djambul namanya, berada di seberang Novotel, buka sampai pukul 23.00 WIB.

Menu yang disediakan di warung makan ini antara lain nasi liwet, telur dan ayam kampung serta bumbu yang khas. Meskipun terlihat sederhana, Ussy sangat menikmati kuliner yang satu ini.

“Hmmm enak, di luar ekspektasi enak sumpah," ujar Ussy nagih.

“Hhmm mantul," lanjutnya.

Roti Orion

 roti orion

Kali ini Ussy sedang mencari oleh-oleh khas Solo untuk dibawanya pulang ke Jakarta. Ussy mampir ke pusat oleh-oleh Roti Orion.

Toko roti ini adalah salah satu toko paling legendaris di Solo dan sudah ada sejak tahun 1932. Toko roti ini menyediakan snack, kue dan beragam jenis roti yang cocok untuk dijadikan buah tangan ketika Okezoners sedang berkunjung di solo.

Tengkleng Pak Manto

tengkleng

“Saatnya makan siang sebelum aku balik ke Jakarta” tulis keterangan dalam video vlog Ussy tersebut.

Kuliner yang satu ini menyajikan beragam sate dan tengkleng yang sudah terkenal di penjuru kota Solo. Para pengunjung yang sedang berada di Kota Solo pasti menyempatkan diri untuk menyantap kuliner satu ini.

Warung makan milik Pak Manto ini buka dari pukul 07.00 hingga 19.00. Menariknya, warung ini tidak pernah tutup, kecuali saat Hari Raya Idul Adha.

Setibanya di kedai tengkleng pak manto tersebut, Ussy langsung saja memesan sate kambing, tengkleng rica-rica, tongseng, asem garem dan tengkleng seger.

“Ini kita sudah berada di Tengkleng Pak Manto, hhmm mantap,” ujar Ussy.

Sekadar informasi, tengkleng adalah kuliner berbahan dasar tulang kambing yang rasanya lezat dan gurih. Karena dimasak lama dengan kuah yang menggugah selera, tentunya dagingnya sangat empuk.

Bahkan, Presiden Jokowi pun menyukai hidangan kuliner olahan kambing tengkleng ini loh Okezoners. Nah, salah satu kedai tengkleng yang mantap dan terkenal di Solo adalah Tengkleng Pak Manto yang dikunjungi Ussy Sulistiawaty.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini