Air Terjun Tanggedu, Oasis Cantik di Sumba Timur

Eka Putri Wahyuni, Jurnalis · Selasa 29 September 2020 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 29 408 2285346 air-terjun-tanggedu-oasis-cantik-di-sumba-timur-IBcoZA9mmu.jpg Keindahan Air Terjun Tanggedu. (Foto: YouTube MNC TV)

SUMBA Timur yang populer dengan padang savananya, ternyata memiliki air terjun yang sangat cantik. Air Terjun Tanggedu menawarkan panorama indah, serta memiliki air yang deras dan segar.

Tak heran jika keberadaan Air Terjun Tanggedu seperti oasis di tengah Sumba, yang terkenal dengan padang savana yang terhampar luas. Untuk bisa sampai di tempat air terjun ini membutuhkan perjuangan yang cukup panjang.

Dilansir dari video Youtube NEWS MNCTV, Air Terjun Tanggedu berlokasi di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tempat ini berjarak 46 kilometer (km) dari Waingapu, ibu kota Sumba Timur.

Untuk sampai di Air Terjun Tanggedu, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, hingga sampai di desa terakhir, yaitu Desa Tanggedu. Setelah itu berjalan kaki menuju Air Terjun Tanggedu selama 1,5 jam dengan jalur yang menguras tenaga. Karena Anda harus menelusuri padang yang luas, naik turun bukit-bukit, dan ditambah dengan udara panas dan matahari yang terik.

Saat melakukan perjalanan berjalan kaki menuju air terjun, Anda akan ditemani dengan pemandangan yang keren. Meski harus menguras tenaga, Presenter Atiya Anindita pun mengakui pemandangan di sekitra air terjun sangat keren.

Baca Juga: Sejuk dan Asri, Ini Sejumlah Tempat Wisata Kekinian di Medan

tanggedu

“Pemandangannya keren banget, di sekitar kita ada padang rumput savana dan juga bukit-bukit. Jadi kontur geografisnya tuh cantik banget,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, jika ingin ke Air Terjun Tanggedu disarankan pergi bersama guide atau orang lokal, yang menemani perjalanan agar tetap aman. Untuk sampai di air terjun, Anda juga akan melewati bebatuan berpasir.

Karena tempat wisata ini terbilang masih sangat alami, maka fasilitas jalur nya pun masih terbatas. Namun telah disediakan kayu dan tali untuk berpegangan kok.

Setelah sampai, perjuangan yang panjang dan melelahkan pun akan terbayarkan dengan panorama indah yang ada di Air Terjun Tanggedu. Anda juga bisa langsung bermain air yang segar setelah berjalan kaki dengan cuaca yang panas.

Air Terjun Tanggedu tampil memesona dengan aliran air berwarna hijau kebiruan, dengan tebing-tebing yang berada di samping kanan kirinya. Air terjun ini mendapat julukan Grand Canyon-nya Sumba Timur atau twin canyon, karena aliran air serta tebingnya yang begitu memukau.

Air terjun ini berbeda dari yang lain, sebab mengalir dari tebing bebatuan yang rendah. Selain itu, Air Terjun Tanggedu memiliki dua sumber air yang berbeda.

Hal ini pula yang menyebabkan warna air berbeda dan membuatnya menjadi semakin cantik. Jika Anda ingin berkunjung ke air terjun ini datanglah pada saat musim panas, karena air di sini paling bagus pada musim panas.

tanggedu

Selain berenang dan bermain air dibawah air terjun yang segar, di sekitaran air terjun Anda juga Anda bisa berfoto dengan hasil yang keren. Dengan posisinya diapit tebing tinggi menjadikan Air Terjun Tanggedu spot yang sangat unik.

Tempat ini juga lumayan luas dan ada banyak undakan air di sekelilingnya. Dengan begitu tempat ini memiliki spot foto yang cukup banyak dengan keindahannya masing-masing.

“Relief-relief tebing yang alami dan unik, bisa menjadi latar belakang yang kece saat kamu mengambil foto dari bawah tebing,” ujar Atiya Anindita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini