4 Tempat "Angker" di Jakarta, Bikin Bulu Kuduk Merinding

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 00:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 30 408 2286336 4-tempat-angker-di-jakarta-bikin-bulu-kuduk-merinding-GEXd5UmnaV.jpg Museum Taman Prasasti. (Foto: Okezone)

PERNAHKAH Anda membayangkan menyambangi tempat wisata yang angker? Kesan seru dan menyenangkan pasti tidak akan didapat.

Seperti deretan tempat wisata di Jakarta yang menjadi saksi sejarah para pahlawan Tanah Air. Juga menyimpan banyak cerita menyeramkan.

Kali ini Okezone akan mengajak Okezoners untuk menengok tempat wisata angker di Jakarta. Berikut rangkuman 4 destinasinya yang bisa buat bulu kuduk merinding.

Baca Juga: Menkes Terawan Nginap di Resor Mewah Pulau Bintan, Pesan Apa Aja?

Jembatan Ancol

Okezoners pasti tidak asing dengan serial si manis jembatan Ancol yang populer di era 1990-an. Serial TV tersebut konon berdasarkan kisah nyata loh. Ada seorang wanita cantik bernama Maryam yang menjadi korban kekerasan seksual dan dibunuh, lalu mayatnya di buang ke kali Ancol.

Jembatan ini dulunya masih berupa rawa-rawa dan hutan bambu. Ada dua jembatan di Ancol tersebut yang diyakini sosok Maryam sering berkeliaran. Lokasi pertama jembatan goyang ancol ada Jl. RE Martadinata, ancol pademangan. Jembatan ini diyakini menjadi lokasi main hantu si manis atau Maryam ini.

Terlebih di malam hari penerangan di sekitar jembatan ini masih minim seakan menambah kesan angker di lokasi jembatan goyang tersebut. Lokasi kedua ada di Kawasan Jembatan Item, Ancol. Jembatan Item terdapat di sebelah kanan Jalan RE Martadinata yang menghubungkan pintu masuk Ancol serta fly over yang mengarah ke Kemayoran.

Taman Langsat

taman

Taman ini merupakan taman kota yang biasa digunakan masyarakat untuk sekadar berkumpul atau bercengkrama. Taman ini juga dilengkapi dengan jogging track untuk warga yang ingin berolahraga. Yang Spot yang terkesan angker dari taman ini adalah pepohonan yang rimbun dan lebat, serta terdapat pohon beringin raksasa dipercayai menjadi tempat bersarangnya makhluk halus. Menurut cerita beberapa warga sekitar, kejadian aneh sering muncul di malam hari dan warga sering melihat penampakan di antara celah pepohonan yang rimbun.

Lubang Buaya

 lubang

Cerita mistis dari tempat ini tentunya tidak lepas dari sejarah Indonesia, karena Lubang Buaya dulunya merupakan tempat pembuangan mayat korban G 30S/PKI, yang merupakan tragedi kelam di masa lalu. Disebut Lubang Buaya menurut warga sekitar karena ada sebuah legenda yang menyebutkan ada banyak buaya putih yang hidup di sungai dekat kawasan tersebut. Karena tragedi itulah Lubang Buaya saat malam hari sering terlihat sosok penampakan manusia memakai seragam tentara dengan wajah berlumuran darah.

Museum Taman Prasasti

taman

Kawasan ini merupakan cagar budaya peninggalan Kolonial Belanda. Museum yang berada di Jalan Tanah Abang, Jakarta Pusat ini awalnya adalah sebuah pemakaman umum bernama Kebon Jahe Kober dan sudah dibangun sejak tahun 1795. Kemudian pemakaman ini diubah menjadi museum yang menyimpan berbagai macam bentuk nisan serta pahatan patung ala Eropa.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini