Wisata Kuliner di Sulsel, Traveler Harus Coba 5 Makanan Khas Ini

Chotimah, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 301 2286720 wisata-kuliner-di-sulsel-traveler-harus-coba-5-makanan-khas-ini-qOR7EQrP9W.jpg Coto Makassar (Okezone)

SULAWESI Selatan kaya akan keindahan alam, ragam tradisi dan budaya yang menjadi nilai jual pariwisata. Selain itu, provinsi kaya rempah ini juga memiliki banyak kuliner dengan cita rasa yang khas.

Makanan khas Sulawesi Selatan bahkan sudah bisa ditemui di kota besar seperti Jakarta. Misalnya coto makassar yang terkenal gurih dengan bumbu-rempah yang begitu terasa. Tapi, akan terasa lebih istimewa jika disantap langsung di daerah asalnya.

Jadi, saat berkunjung ke Sulsel, jangan lupa berwisata kuliner mencicipi aneka makanan tradisional.

Berikut 5 makanan khas Sulawesi Selatan yang wajib Anda coba :

1. Coto Makassar

Makanan khas yang wajib pertama kali anda coba saat tiba di Sulawesi Selatan. Anda memang bisa banyak menemukan Coto Makassar hampir di seluruh Indonesia tetapi kurang nikmat jika tidak mencicipi makanan ini langsung dari daerah asalnya.

Coto Makassar adalah makanan yang berbahan dasar daging sapi dan jeroan. Bahan tersebut di rebus lalu di iris tipis-tipis kemudian dibumbui dengan bumbu racik secara khusus.

Tak hanya itu, kuah dari Coto Makassar memiliki cita rasa yang berbeda dengan yang lainnya karna rasa dari kuahnya kaya akan rempah. Tak heran makanan khas ini menjadi primadona di Sulawesi Selatan. Harga satu porsi Coto Makassar sekitar Rp 30.000.

2. Sop Saudara

Sop saudara merupakan makanan khas Sulawesi Selatan berupa hidangan berkuah yang berbahan dasar daging sapi dengan bahan pelengkap seperti bihun, jeroan, kentang dan telur. Yang menjadi ciri khas sop saudara yaitu kuahnya yang kental dan gurih serta daging yang disajikan lebih banyak.

Harga satu porsi sop saudara adalah Rp 25.000 atau lebih jika dengan tambahan makanan pendamping seperti buras atau ikan bolu bakar.

3. Sop Konro

Sop konro sekilas mirip dengan hidangan sop saudara tetapi yang membedakannya adalah cita rasa dari setiap kuahnya. Makanan berkuah warna coklat kehitaman ini yang menjadi daya tarik setiap wisatawan karna rasa khas dari rempah-rempahnya.

Tak hanya itu, dengan berbahan dasar tulang iga sapi dan kuda yang disajikan lebih banyak itu membuat wisatawan merasa kenyang hanya dengan memakan satu porsi saja. Maka dari itu harga untuk satu porsi sop konro adalah Rp 35.000.

4. Burasa

Burasa merupakan makanan khas masyarakat Bugis dan Makassar di Sulawesi Selatan. Bentuknya hampir mirip dengan lontong namun agak pipih. Burasa terbuat dari beras yang di masak terlebih dahulu dengan air santan yang banyak hingga menjadi nasi, waktu masak terbilang cukup lama sekitar 3 jam.

Makanan khas ini bisa anda jadikan sebagai hidangan pengganti nasi. Oleh karena itu, burasa bisa anda konsumsi bersama dengan opor ayam atau ayam palakko.

5. Es Pisang Ijo

Hidangan ringan khas Sulawesi Selatan, terutama di Makassar. Es pisang ijo yang bahan utamanya terbuat dari pisang yang di baluti adonan tepung berwarna hijau dengan bahan pelengkap seperti bubur sum sum, sirup merah, susu kental manis dan es batu.

Hidangan ini cocok banget buat nemenin anda di kala santai siang hari. Dengan di taburi es batu yang bisa menyegarkan dahaga serta rasa gurih pada bubur sum sumnya. Anda bisa menikmatinya dengan harga sekitar Rp 10.000 - Rp 15. 000 saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini