Berburu Kuliner Minang Tanpa Kalap

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 301 2287010 berburu-kuliner-minang-tanpa-kalap-fDSliAcIbS.jpg Kuliner Padang. (Foto: Instagram/@anakjajan)

JALAN-jalan ke Padang tentunya Anda kalap berburu kuliner Minang. Tapi sebelum mencicipi makanannya, ada sederet tips yang bisa disimak.

Mencicipi kuliner Minang memang nikmat. Tapi tak semua orang bisa menikmati dengan nyaman.

Karena identik dengan masakan bersantan, maka Anda harus hati-hati saat berburu kuliner Minang. Karena kebanyakan masakan bersantan, belum tentu lambung Anda kuat.

Pemandu Wisata Robi pun membeberkan sederet tips bagi wisatawan yang ingin mencicipi kuliner Minang tanpa rasa khawatir. Apa saja ya?

Baca Juga: Manfaat Wisata Wellness di New Normal Covid-19

Pilih restoran yang menyajikan masakan fresh

padang

Anda boleh-boleh saja menjajal hidangan khas Minang saat baru tiba di Kota Padang. Tapi pilih restoran yang menyajikan masakan yang baru.

Robi mengatakan, di sepanjang jalan memang terpampang papan restoran khas Padang yang punya menu unggulan. Mengingat masakan Minang khas dengan kuah santan, citarasa pedas dan rempah kuat yang bisa membuat lambung tidak nyaman.

"Carilah rekomendasi orang setempat yang pasti tahu restoran mana yang punya masakan enak dan terkenal," ujarnya kepada Okezone, beberapa waktu lalu.

Tanya ke orang sekitar sebelum kulineran

Robi mengakui bahwa di Kota Padang banyak lokasi kuliner enak yang setiap kali dicari-cari pendatang. Kalau ragu, tanyakan dulu kepada orang sekitar, di mana lokasi restoran yang enak dan syukur-syukur tempatnya legendaris.

"Jangan sampai menyesal dan mengurungkan niat kulineran di Kota Padang kalau masakannya enggak cocok," imbuhnya.

Hindari jeroan

 padang

Saat menginjakkan kaki di Ranah Minang, rata-rata orang juga mencari kuliner yang identik dengan jeroan sapi. Awas, bisa meningkatkan kolesterol bagi yang sudah memiliki bakat. Pilih menu makan yang aman dan enak, seperti ayam, telur, ikan, sayuran dan banyak menu lain selain jeroan.

Hindari masakan bersantan

Kalau ingin tetap nyaman kulineran, sebaiknya hindari masakan yang bersantan. Ada berbagai sajian kuliner tidak bersantan yang tetap dimasak dengan bumbu khas Padang. Ada soto padang, sop daging, martabak mesir, nasi goreng, ikan bakar, dan sajian kuliner lainnya yang mantap dilahap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini