10 Tempat Wisata Alam di Sekitar Makassar, dari Gunung hingga Jejak Prasejarah

Muhammad Hafizh Arya Pradana, Jurnalis · Kamis 01 Oktober 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 408 2286681 10-tempat-wisata-alam-di-sekitar-makassar-dari-gunung-hingga-jejak-prasejarah-Yeu365Ohq2.jpg Celebes Canyon di Barru, Sulawesi Selatan (Foto Afdhaldhikri/Indonesia Tripcanvas)

APA yang Anda pikirkan saat mendengar Makassar? Menikmati matahari terbenam di tepi Pantai Losari sembari menikmati pisang epe dan secangkir kopi? Atau mengeksplor Fort Rotterdam lalu menyusuri Jalan Somba Opu lalu jajan aneka oleh-oleh khas Ibu Kota Sulawesi Selatan ini? Maka hal-hal tersebut akan selesai dijelajahi hanya satu hari saja.

Makassar punya banyak potensi wisata yang sayang untuk Anda lewatkan. Mulai dari objek wisata alam menawan, dari gunung, pantai, hingga wisata instagramable. Pokoknya Makassar menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga atau teman-teman.

Baca juga: 4 Tempat "Angker" di Jakarta, Bikin Bulu Kuduk Merinding

Berikut 10 tempat wisata alam di Makassar seperti dilansir dari laman Indonesia Tripcanvas, Kamis (1/10/2020).

1. Lappa Laona, Barru, Mirip Selandia Baru

Nama lengkapnya Lappa Laona Barru, terletak di hamparan rumput hijau, udara dingin dan juga tanah lapang. Jarak lokasinya dari Kota Makassar sekitar 130km, 3 jam perjalanan. Lumayan jauh ya? Tapi semuanya ditebus lunas saat sampai di sana.

Kali ini malah membuatmu berpikir dua kali untuk liburan ke luar negeri. Pasalnya, Lappa Laona punya pemandangan yang breathtaking dan juga rumah-rumah kecil ala di Selandia Baru!

Saat ini wisata Lappa Laona ini menyediakan aneka wahana seru yang bisa dipilih, diantaranya adalah flying fox sepanjang 270 meter, lokasi camping ground, mountain bike park, gazebo, spot foto cantik di beberapa titik yakni di pinggir jurang dan di tengah padang rumput serta Uno Stones. Meski gazebo itu belum dioperasikan, namun pengunjung dapat ber-selfie atau berfoto ria di tempat tersebut.

Bahkan Anda bisa bawa tenda dan kemping di sana juga. Bayangkan bangun tidur ditemani angin semilir dan juga matahari yang hangat, duh bagi para pecinta alam, terdengar begitu menyenangkan bukan?

Lokasi lappa laona sendiri berada di Dusun Waruwue, Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

2. Apparalang, Bulukumba

Keindahan Pantai Apparalang yang terletak di daerah Bulukumba ini rasanya wajib Anda saksikan saat berlibur ke Makassar. Deretan tebing karang yang memanjang di sepanjang pesisir pantai menciptakan sebuah pemandangan yang tak kalah dengan yang biasa Anda lihat di Bali.

Agar kunjungan Anda tambah berkesan, terdapat sebuah anjungan kayu di atas karang yang menjorok ke arah laut. Asyik buat duduk-duduk santai atau piknik sambil menikmati keindahan alam. Karena ombak di sini tidak terlalu besar, Anda pun bisa bermain air dan snorkeling kalau mau.

urga tersembunyi ini tergolong objek wisata yang masih asri dan belum banyak diketahui orang, makanya sayang sekali kalau Anda tak menyempatkan diri ke sini!

Lokasi Tebing Apparalang berada di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

3. Celebes Canyon

Tempat wisata yang masih baru ini terletak di Kabupaten Barru. Netizen menamainya Celebes Canyon karena penampakannya yang sekilas mirip dengan obyek wisata Grand Canyon di Amerika Serikat.

Keindahannya yang tiada tara serta aliran air yang tak pernah surut, meski saat musim kemarau, menjadikan tempat ini asyik untuk escape sejenak sambil menikmati aliran air Sungai Ule yang jernih dan sejuk.

Bagi para pecinta alam, Celebes Canyon bukanlah tempat yang asing lagi. Namun bagi wisatawan, tempat ini perlahan mulai jadi primadona.

Setibanya di lokasi ini, Anda akan disambut oleh hamparan sawah dan ladang yang hijau sejauh mata memandang. Asyik juga untuk berjalan-jalan menyusuri area ini sebelum tiba ke atraksi utamanya, Celebes Canyon.

Berlokasi di Desa Libureng, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Membutuhkan waktu tembuh sekitar2 jam dari kota makassar.

4. Air Terjun Lengang Infinity Pool 2 Tingkatan

Apakah Anda tertarik mencoba berenang di infinity pool alami? Di sini Anda akan menemukan infinity pool alami, kolam air terjun, dan memiliki dua tingkat.

Di Air Terjun Lengang ini alam telah menciptakan sebuah infinity pool dengan air bening dan sejuk yang tak hentinya mengalir menuju kolam air terjun yang ada di bagian bawahnya.

Lokasi air terjun ini berada di Bontomanai, Desa Laiya, Kecamatan Cendrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Membutuhkan waktu 2 jam dari kota makassar untuk menikmati indahnya kolam yang tersebumbunyi ini.

ilustrasi

Air Terjun Lengang (Arsal Ashari)

5. Air Terjun Batulappa 7 Tingkatan, Mirip Sarang Burung

Air terjun yang satu ini bisa dibilang sangat unik karena memiliki undakan-undakan. Bahkan pada beberapa undakan pengunjung dapat berdiri di tengah-tengahnya sambil mengambil gambar.

Lokasi air terjun ini cukup jauh dari keramaian, sehingga Anda bisa menikmatinya seorang diri. Mengingat lokasinya yang cukup tersembunyi

Berlokasi di Batulappa, Desa Tompo, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan dari kota makassar.

6. Gunung Bawakaraeng

Kalau diartikan ke dalam Bahasa Indonesia, ‘Bawakaraeng’ memiliki makna ‘Mulut Tuhan’. Mengapa dinamai demikian? Karena, selain menawarkan pemandangan yang luar biasa menakjubkan, para penganut sinkretisme meyakini bahwa Gunung Bawakaraeng merupakan tempat pertemuan para wali.

Agar liburan kali ini tidak biasa-biasa saja, tantanglah diri Anda dengan mendaki puncak gunung tersebut dan saksikan panorama lembah, laut, bahkan Kota Makassar dari ketinggian. Ya, dari atas sini keindahan alam dan lansekap modern membaur menjadi satu.

Baik di siang maupun malam hari, selama pendakian Anda akan ditemani oleh view keren di sepanjang perjalanan. Salah satunya adalah Lereng Malino yang merupakan tempat wisata terkenal di Sulawesi Selatan.

Karena tersohor akan keindahannya, pada waktu-waktu tertentu, objek wisata alam yang satu ini cukup banyak dipadati para pengunjung, baik wisatawan maupun komunitas pecinta alam.

7. Bendungan Singgasana Balang Malino

Malino bagi warga Makassar dan sekitarnya seperti Puncak atau Lembang bagi warga Jakarta. Berada di pegunungan, menawarkan wisata alam yang memanjakan mata seperti hutan pinus, perkebunan hingga bendungan, yaitu Bendungan Singgasana yang memiliki keunikan yaitu dua susun dan juga airnya jernih.

Terletak di area yang luas, dengan pepohonan hijau dan juga air bersih mengalir deras, Bendungan Singgasana, Gowa, ini serupa oase dan juga hidden gem bagi Anda yang suka dengan tempat sepi nan tenang.

Akses menuju Bendungan Singgasana sendiri masih cukup terjal, dan minim fasilitas (meskipun sudah ada tempat duduk, warung dan juga toilet).

8. Jejak prasejarah ala Jurassic Park: Leang-Leang, Maros

Bagi penggemar film Jurassic Park, nama Isla Nublar dan Isla Sorna pasti familiar bukan? Pulau terpencil di mana tempat dinosaurus dikembangbiakkan, dengan landscape yang khas seperti era prasejarah. Lokasi seperti itu bukan hanya ada di film saja lho, tapi ada juga di Maros! Tepatnya di Leang-Leang.

Lokasinya juga tidak jauh dari Taman Nasional Bantimurung, untuk masuk ke kawasan ini memang berjarak beberapa kilometer dari jalan utama. Namun kini jalannya sudah bagus dan aspal, jadi nyaman untuk dikunjungi.

Yang membuat leang-leang ini terasa lebih istimewah, karena pegunungan Karst di sini umurnya sudah ribuan tahun dan merupakan yang terbesar kedua di dunia lho.

Di sini ada goa prasejarah dan terdapat bukti tapak tangan manusia purba di sini. Untuk masuk ke dalam goa lumayan sangat sempit, jadi disarankan untuk berhati-hati, ya!

Cocok untuk wisata keluarga, sekaligus belajar peninggalan prasejarah.

9. Bukit Kanari Camba, Maros

Sama seperti di jogjakarta, yang memiliki banyak spot tebing yang indah untuk menikmati indahnya sunset dan sunrise. Di makasar juga terdapat spot untuk menikmati matahari terbit dan terbenam, yakni Bukit Kanari Camba.

Disaaat akhir pekan, Bukit Kanari ini biasanya bakalan ramai oleh pengunjung, jadi harus sabar ya untuk bergantian foto di spot-spot strategisnya. Meski terletak di atas gunung, kondisi di sana kurang teduhdan belum banyak pepoonan untuk berteduh. Jadi di sarankan untuk membawa topi atau payung dan kacamata ya okezoners!

Lokasinya berada di Baji Pamai, Cenrana, Maros, Sulawesi Selatan. Untuk mencapai ke bukit kanari camba butuh waktu sekitar 2 jam dari pusat kota makassar.

10. Lembah Hijau Camp, Malino

Jika Anda merencanakan untuk eksplor Malino seharian penuh atau menginap sekalian di sana, Anda juga bisa camping di Lembah Hijau Camp. Berbeda dengan Lappa Laona, di sini area lapangnya tidak terlalu luas.

Disana anda bisa camping, bermain arum jeram, dan ada juga permainan Sky Bike yang dijamin bias menguji adrenalin Anda. Tapi nggak perlu khawatir, sebab permainan ini dilengkapi oleh alat keamanan yang nggak main-main. Untuk mencobanya, cukup membayar Rp30.000 saja kok.

ika Anda ingin kemping di sini, nggak perlu repot-repot membawa tenda sendiri. Ada disediakan tenda bagi pengunjung yang ingin bermalam. Biayanya cukup murah sebenarnya, sebesar Rp500.000 per malam bisa diisi beberapa orang. Tapi bagi yang ingin tidur lebih nyaman, bisa menginap di resortnya. Harga permalamnya Rp800.000 untuk 2 orang. Ditambah lagi dengan fasilitas lain seperti cafe, musholla, dapur umum, dan masih banyak lagi.

Lokasinya berada di Jalan Pa’tene Malino, Malino, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 92174.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini