Danau Dua Rasa, Wisata Berau yang Memikat

Eka Putri Wahyuni, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 01 408 2286977 danau-dua-rasa-wisata-berau-yang-memikat-oGZhIwKL7K.jpg Danau Dua Rasa. (Foto: Instagram/@destinasiwisata)

KABUPATEN Berau, Kalimantan Timur memiliki segudang wisata alam yang menakjubkan. Salah satunya danau unik yang memiliki rasa air asin dan air tawar bercampur menjadi satu, dijuluki Danau Dua Rasa.

Dilansir dari video Youtube channel NEWS MNCTV, Danau Dua Rasa juga dikenal dengan Danau Labuan Cermin. Selain memiliki dua rasa, danau ini juga memiliki air yang sangat jernih seperti cermin.

Untuk menuju Danau Dua Rasa, Anda harus menyewa perahu dari dermaga yang terletak di Desa Biduk-Biduk, Berau dan membutuhkan waktu selama 15 menit. Dalam perjalanan menuju danau, Anda akan ditemani dengan pemandangan yang indah.

Baca Juga: Wisata Wellness Bisa Sehatkan Tubuh Sekaligus Lestarikan Alam

elis

Presenter Elisyah Abdullah mengatakan, stelah sampai, Anda akan disambut dengan keindahan Danau Dua Rasa beserta ikan-ikan yang ada. Duh, cantik banget!

“Ikannya banyak dan itu merupakan ikan air asin yang ada di sini. Jadi memang air di sini sudah bercampur air asin dan air tawar. Luar biasa,” tuturnya.

Jika Anda berkunjung ke Danau Dua Rasa, jangan lupa untuk menyempatkan menikmati keindahan bawah danau secara langsung. Dijamin menyegarkan mata dan bisa melepas penat.

“Airnya dingin banget, dan ini bawahnya bagus banget,” ungkap Elisyah Abdullah.

Di danau tersebut memiliki dua lapis air, yaitu air tawar dan air asin yang tidak bercampur sempurna. Air asinnya berasal dari laut masuk ke danau seiring pasang-surut air laut. Sedangkan air tawarnya berasal dari mata air di sekeliling danau.

Karena debit air tawarnya lebih besar, maka mendorong air laut hingga tidak bisa naik ke permukaan. Mmaka jadilah Danau Dua Rasa yang sangat unik.

Semakin unik lagi, di lapisan atas hidup ikan air tawar seperti ikan ulu-ulu yang kecil. Di lapisan bawahnya hidup ikan laut seperti ikan kakap merah dan ikan lainnya yang jumlahnya sangat banyak.

 danau

(Foto: Instagram/@wukittravel)

Ikan tersebut berjumlah banyak sebab Danau Dua Rasa merupakan tempat ikan bertelur. Setelah tumbuh dewasa, ikan-ikan tersebut akan pergi ke laut lagi.

Danau Dua Rasa ini cocok sekali untuk Anda melepas penat yang jauh dari kota. Karena pemandangan alamnya sangat menakjubkan dan pengalaman yang mengesankan. Anda semakin penasaran bukan?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini