Kenapa Kue Bulan Wajib Ada di Festival Pertengahan Musim Gugur?

Faradilla Rachman, Jurnalis · Jum'at 02 Oktober 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 02 301 2287218 kenapa-kue-bulan-wajib-ada-di-festival-pertengahan-musim-gugur-YKzrkeO2dI.jpg Kue bulan (Freepik)

KUE bulan atau mooncake jadi penganan wajib pada setiap Festival Pertengahan Musim Gugur atau Mid-Autumn Festival, pesta besar merayakan tradisi panen raya di China. Ini tak lepas dari sejarah dan filosofi di balik kue bulan.

Melansir dari My Recipes, Jumat (2/10/2020), kue Bulan adalah kue tradisional China. Festival Pertengahan Musim Gugur bagian untuk apresiasi bulan. Kue Bulan berbentuk bulat dan dibuat dengan kulit pastry yang tebal dan manis (mumnya kue bulan gurih) dan isinya tebal serta di tengahnya terdapat kuning telur asin yang utuh.

Baca juga: Kota Riyadh Kini Dipercantik dengan Dekorasi Kaligrafi Arab

Kue bulan secara tradisional dihiasi dengan karakter simbol China yang rumit serta desain seperti bunga, tanaman merambat dan hewan.

Festival Pertengahan Musim Gugur yang menyajikan kue bulan dirayakan pada hari ke 15 bulan delapan sesuai kalender lunar atau kalender China. Biasanya pada kalender Gregorian jatuh pada September atau Oktober.

Di Asia Timur terdapat ragam festival seperti Chuseok (Korea) dan Tsukimi (Jepang), keduanya dirayakan pada hari yang sama seperti di kalender lunar.

Festival ini telah dirayakan sejak Dinasti Tang (618-907 M) dan terdapat beberapa mitos pada awalnya. Menurut salah satu legenda, kaisar di Dinasti Zhou (1045-221-SM) menyembah bulan setiap musim gugur. Sebagai imbalan, bulan akan memberikan orang Cina panen yang sangat produktif setiap tahunnya.

Cerita lain, Chae’e merupakan dewi bulan Cina menelan ramuan yang memungkinkannya terbang ke bulan setelah serangkaian kejadian nahas seputar ramuan tersebut. Suaminya, Hou Yi, sangat merindukannya sehingga ia menunjukkan makanan dan camilan favorit Chang’e pada malam-malam saat bulan purnama.

Membuat dan berbagi Kue Bulan merupakan bagian integral dari perayaan Festival Pertengahan Musim Gugur. Segala sesuatu Tentang kue kering adalah simbolis dari bentuk hingga isinya.

Kue Bulan berbentuk bulat karena dalam budaya China, bulat melambangkan kesatuan. Berbagi Kue Bulan antar keluarga selama Festival Pertengahan Musim Gugur merupakan salah satu cara untuk merayakan keutuhan sebuah keluarga. Kuning telur asin di tengah Kue melambangkan bulan purnama.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini